Percepat Herd Immunity, Polsek Sukorejo Dampingi Vaksinator Laksanakan Vaksinasi Lansia Secara Door to Door


SIBERONE.COM - Untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Kendal, Polsek Sukorejo melaksanakan vaksinasi mobile door to door bersama Puskesmas Sukorejo dan Pemdes Kebumen di Desa Kebumen Kecamatan Sukorejo Kendal, Jumat (12/11/2021).

Kepala Puskesmas Sukorejo Jamaludin menjelaskan bahwa pelaksanaan program vaksin door to door ini merupakan bentuk pelayanan Puskesmas Sukorejo bersama Polsek Sukorejo kepada masyarakat dengan sasaran masyarakat Lansia (Lanjut Usia) yang bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Sukorejo dan Pemdes Desa Kebumen sehingga dengan program ini diharapkan masyarakat yang tidak dapat datang ke gerai vaksin atau ke puskesmas juga dapat melaksanakan vaksin dengan sistem jemput bola.

Dalam hal ini Kapolsek Sukorejo, menerangkan, untuk saat ini vaksinasi merupakan cara paling efektif untuk melawan penyebaran wabah Covid-19, sehingga percepatan vaksinasi mutlak harus segera dilaksanakan untuk mempercepat terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok).

Sementara itu Kepala Desa Kebumen Nuryanti Dwi SE dengan di dampingi Bidan desa Eni Intandari mengatakan vaksinasi dari rumah ke rumah atau door to door itu dikhususkan untuk sasaran vaksinasi kategori lanjut usia (lansia) yang sudah kesulitan untuk datang ke tempat pelayanan vaksinasi.

"Masih di puskesmas vaksin door to door. Tapi khusus untuk lansia, karena ada lansia yang sudah susah untuk datang ke tempat pelayanan vaksin sehingga puskesmas bekerjasama dengan desa," kata Nuryanti.

Lebih lanjut Kapolsek Sukorejo IPTU Sugeng mengatakan "Bahwa dengan sistem door to door atau jemput bola ini, kita akan tahu secara riil keadaan para lansia yang belum di vaksin, dan dari hasil penelusuran ditemukan bahwa rata-rata para lansia yang belum tervaksin dalam keadaan sakit, dan tidak bisa beraktivitas sehingga pihak Nakes didampingi Polri melaksanaan pemeriksaan kesehatan ditempat dan didatakan untuk pelaporan ke satuan atas", ucap Kapolsek.

Kegiatan vaksinasi door to door tersebut telah menginjeksikan sekitar 50 orang warga lansia yang yang keadaannya memang tidak memungkinkan untuk datang ke gerai vaksin yang tersedia. Dan tentunya kegiatan vaksin ini sangat memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Untuk itu masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan dan melaksanakan 3M dimulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

“Dengan digelarnya vaksin door to door, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap vaksin Covid-19, sehingga penyebaran penerima vaksin akan lebih luas lagi karena vaksinasi dapat melindungi diri dan juga melindungi negeri,” ungkap IPTU Sugeng.

Kapolsek Sukorejo menambahkan bahwa “Untuk kelancaran pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan petugas medis puskesmas kerumah rumah warga secara door to door, kami menugaskan para Bhabinkamtibmas untuk selalu bersinergi secara baik dengan petugas medis maupun perangkat desa atau kelurahan, untuk melalukan pengawasan secara intensif pelaksaaan vaksinasi," pungkas Kapolsek. (Spyd)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar