Dinkes Buka Layanan Tes PCR Gratis


SIBERONE.COM - Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra menghadiri kegiatan pencanangan percepatan vaksinasi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang kini membuka layanan tes PCR gratis terutama bagi warga dari hasil tracing. Selain itu bagi masyarakat umum pun dapat memanfaatkannya apabila diperlukan untuk melengkapi persyaratan untuk melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api maupun pesawat.

Bupati Batang, Wihaji menyampaikan, layanan ini sangat memudahkan masyarakat apabila ada suatu percepatan.

“Kalau dulu harus dibawa ke Semarang, sekarang tidak perlu, cukup di Batang sudah ada alatnya. Bisa untuk umum, bisa untuk hasil tracing,” tegasnya saat meninjau Laboratorium Kesehatan Daerah, Dinkes Kabupaten Batang, Jumat (12/11/2021).

Ia memastikan, layanan sudah mulai dibuka untuk masyarakat Batang, karena telah memiliki Surat Keputusan dari Gubernur Jawa Tengah dan Biro Organisasi Jawa Tengah sudah mengizinkan.

“Kapasitas layanannya setiap hari bisa mencapai 200 orang, cukup menunggu enam jam sudah bisa mengetahui hasilnya,” tegasnya.
Kepala Dinkes Batang dr. Didiet Wisnuhardanto mengatakan, Labkesda itu utamanya dapat melayani pengecekan PCR gratis dan laboratorium air serta pengecekan laborat lainnya.

“Laboratorium ini bisa untuk mengontrol kandungan air sebelum dikonsumsi masyarakat,” ungkapnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan Dinas Kesehatan Batang akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, untuk pemenuhan infrastruktur. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar