Penipuan Mengaku TNI Masih Terjadi


SIBERONE.COM – Penipuan dengan mengaku pemesan adalah seorang anggota TNI yang memesan beberapa makanan, minuman maupun rokok serta meminta ditransfer atau dikirim pulsa ke nomor HP tertentu kepada pedagang yang melayani penjualan dengan sistem online atau pesan antar masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya.

Sebelumnya, pada Rabu (10/11/2021) penipuan dengan modus yang sama telah diderita oleh 3 orang pedagang yang telah ditipu pelaku dengan memesan via aplikasi di smartphone dan mengaku pemesan atas nama Ervan Hadi Kusuma anggota Koramil 03/Kalimanah kini terulang kembali dengan modus yang sama kepada 3 orang korban lagi, Kamis (11/11/2021).

Salah satu korban yaitu Teguh Pribadi warga RT 03/RW 01 Desa Lemberang, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, mengaku jika dirinya mendapat pesanan barang dagangannya berupa 2 botol minuman ringan, 1 bungkus rokok, 5 bungkus nasi ayam dan telah mengirim pulsa  senilai RP 400.000 kepada pemesan atas nama Ervan Hadi Kusuma yang mengaku anggota Koramil 03/Kalimanah.

"Pemesan mengaku namanya Ervan Hadi Kusuma anggota Koramil 03/Kalimanah sehingga kami percaya dan mengantar pesanannya ke Koramil serta telah kami kirim juga pulsa ke nomor whatsapp 081334462034 dan 081260029667 masing masing sebanyak RP 200.000 sesuai permintaan pemesan, namun ternyata tidak ada anggota Koramil 03/Kalimanah dengan nama dan nomor HP tersebut," ungkapnya.

Hal ini turut ditegaskan oleh Kapten Inf MT Sudarno selaku Danramil 03/Kalimanah saat menerima laporan para korban jika tidak ada anggotanya yang bernama Ervan Hadi Kusuma.

"Kami tegaskan tidak ada nama anggota Koramil 03/Kalimanah dengan nama dan nomor HP tersebut, kejadian serupa yaitu penipuan dengan modus sama  juga  terjadi dihari kemarin dengan 3 korban," tegasnya.

Tak berselang lama, 2 orang korban atas nama Sulis dari Rumah Makan Kebogelo RT 03/05 Desa Selabaya dan Riyanti warga RT 10/RW 05 Desa Karangsari, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, juga datang ke Koramil 03/Kalimanah dengan membawa pesanan yang dipesan pelaku serta hendak meminta pembayaran kepada pemesan namun  pemesan tidak ada atau dipastikan bukan anggota koramil tersebut.

Terkait kejadian yang terjadi di wilayah Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya dan pelaku mengatasnamakan anggota TNI jajaran Kodim 0702/Purbalingga, Komandan unit Intelijen (Danunit Intel) Kodim 0702/Purbalingga Letda Inf Suriyono menuturkan jika dipastikan hal ini adalah kasus penipuan.

"Kita pastikan penipuan, dimana pelaku  mengatasnamakan dirinya adalah anggota TNI, kita sudah cek tidak ada anggota kami dengan nama dan nomor HP tersebut," tegasnya.

Letda Inf Suriyono juga berpesan kepada Babinsa jajaran Kodim 0702/Purbalingga untuk mewaspadai serta menginformasikan kasus ini kepada warga khususnya pedagang sehingga tidak ada yang menjadi korban lagi.

"Melalui Babinsa telah kami sampaikan imbauan  agar masyarakat tidak mudah begitu saja percaya dengan modus penipuan semacam ini, selanjutnya sebagai informasi kasus ini juga telah dilaporkan kepada pihak Kepolisian," pungkasnya. (HS/SF)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar