Kapolda Jateng Kibarkan Bendera Start Tour de Borobudur di Surakarta


SIBERONE.COM – Kapolda Jawa Tengah mengibarkan bendera start dimulainya Tour de Borobudur XXI tahun 2021 di Benteng Vastenburg, Surakarta. Hadir bersama Gubernur Jateng, PJU Polda dan Forkompinda Surakarta, Kapolda melepas ratusan pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut, Sabtu (6/11/2021) pagi.

Rute Tour de Borobudur XXI yang merupakan event sport tourism tahunan ini direncanakan berakhir di kawasan Candi Borobudur. Adapun tema yang diambil tahun ini adalah Saya Sudah Divaksin.

Menurut rencana, Selama perjalanan para peserta akan diajak mengelilingi pedesaan dengan panorama indah, termasuk Candi Pawon, Candi Prambanan hingga Nepal Van Java di dusun Butuh, Kabupaten Magelang. 

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut menyatakan Tour de Borobudur tahun ini dilaksanakan sebagai persiapan Jawa Tengah membuka tempat pariwisata.

"Namun kita tetap harus menjaga kesehatan. Hari ini kita akan melakukan perjalanan kurang lebih 117 KM," papar Gubernur.

Selain Kapolda dan Gubernur, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, hadir di tengah-tengah peserta. Mengenakan jersey yang sama para petinggi di Jateng dan  Surakarta itu nampak kompak saat memancal pedal bersama rombongan lainnya.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengatakan ia baru pertama kali mengikuti ajang seperti ini. Saat ditanya persiapannya, Walikota Gibran mengatakan tidak memiliki persiapan apa-apa.

“Ini baru pertama saya sepedaan, saya ndak ada persiapan apa-apa, sepeda saja saya nggak punya, ini dipinjemi pak Ganjar,” katanya.

Kendati begitu, Wali Kota Gibran menyambut baik saat daerahnya dijadikan lokasi start event sport tourism itu. Menurutnya, ajang Tour de Borobudur bisa menjadi trigger bagi Solo untuk bangkit pascapandemi.

“Harapannya, karena vaksinasi kita sudah tinggi, Covid-19 sudah menurun maka warga mulai beraktivitas kembali seperti semula. Ini akan menjadi trigger untuk pemulihan ekonomi dan wisata di Solo. Nanti akan banyak acara serupa seperti seni, budaya yang akan digelar di sini,” tambah Gibran.

Sementara itu, ketua panitia Bank Jateng Tour de Borobudur 2021, Hendra Dharmanto menyebut rute bersepeda kali ini merupakan rute baru dan berbeda dengan tahun sebelumnya. Rencana di tahun ini Tour de Borobudur akan digelar sebanyak lima seri.

"Hari ini seri pertama ya. 150 peserta dan semua sudah divaksin. Selain tempat wisata. Disetiap titik juga akan ada hiburan kesenian. Kita juga melibatkan desa-desa wisata," tandas Hendra. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar