Longsor, Jalan Kramat-Sirau Putus


SIBERONE.COM – Akibat hujan turun dengan intensitas lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Purbalingga sejak Kamis siang (21/10/2021) hingga malam hari mengakibatkan beberapa bencana terjadi, salah satunya yaitu terputusnya akses jalan Kramat-Sirau yang merupakan jalur konservasi Siregol yang menghubungkan Desa Karamat dan Desa Sirau Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga tertutup material longsor.

Menurut keterangan Hadirin, salah satu Perangkat Desa Sirau, hujan di wilayahnya mulai turun sejak pukul 14.30 WIB dan longsor mulai terjadi sekitar pukul 17.00 WIB mengakibatkan material tanah, lumpur maupun batu batu besar menutup akses jalan di desanya.

“Material longsor  menutup jalan kurang lebih sepanjang  50 M sehingga akses jalan Kramat-Sirau putus,” katanya menjelaskan.

Batituud  Koramil 11/Karangmoncol Pelda Purwanto saat dikonfirmasi juga turut membeberkan kronologi kejadian longsor tersebut yang diakibatkan karena hujan turun cukup deras sehingga Sungai Lareng yang berada di hulu Desa Sirau meluap, membawa material batu dan lumpur dari atas bukit yang mengakibatkan longsor menutup akses jalan, (22/10/2021).

“Korban jiwa nihil, telah dilaksanakan kerja bakti pembersihan oleh TNI, Polri, SAR, relawan dan masyarakat namun akses jalan hingga kini belum dapat dilewati mobil karena masih ada beberapa batu besar yang belum bisa dipindahkan, “ katanya menjelaskan.

"Kerja bhakti akan dilanjutkan kembali esok dan rencananya akan diturunkan alat berat guna mengevakuasi material longsor terutama batu-batu besar," sambung Pelda Purwanto.

“Kepada masyarakat Kecamatan Karangmoncol khususnya Desa Sirau dan sekitarnya diimbau untuk lebih hati-hati dan waspada mengingat saat ini hujan masih kerap terjadi dan kontur wilayah sebagian besar adalah perbukitan sehingga mudah terjadi bencana longsor," pesannya mengakhiri. (HS/SF)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar