UPT KPH Mandah Salurkan 500 Bibit ke Ponpes AL RASYID

Keterangan foto kepala UPT KPH Mandah menyalurkan bibi ke Pondok pesantren Al Rasyid

SIBERONE.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau melalui UPT Kesatuan Pengolahan Hutan (KPH) Mandah menyalurkan Bibit ke Pondok Pesantren AL RASYID, Simpang Tiga Desa  Simpang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir provinsi Riau, Selasa (15/09/2020).


Dengan mendukung gerakan santri tanam dan pelihara pohon KPH Mandah menyalurkan 500 Bibit Tanaman Pohon jenis MPTS ke ponpes Al Rasyid. 


Kadis LHK Provinsi. Riau Dr. Mamun Murod melalui Kepala UPT KPH Mandah Joko Yuni Purwanto, S.Hut, mengatakan
penghijauan merupakan sarana untuk melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri den sehat tanpa adanya pencemaran.


"Kegiatan penghijauan tersebut untuk menjaga agar kualitas lingkungan hidup tidak semakin terdegradasi membutuhkan partisipasi aktif  masyarakat,"imbuhnya


Kepala UPT KPH Mandah mengatakan Salah satu upaya untuk menarik kepedulian dan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan penghijauan adalah dengan memperhatikan azas manfaat pada tanaman penghijauan.


"Yang dimaksud dengan azas manfaat ini adalah dengan memilih tanaman-tanaman yang berpotensi menghasilkan nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat,"terangnya


Menurut Joko maka dari pada itu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau melalui UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Mandah  membuat salah satu terobosan dalam hal Penghijauan Lingkungan yaitu berupa gerakan santri tanam dan pelihara pohon.


"Gerakan santri tanam dan pelihara pohon yang dimaksud adalah santri diberi tanggung jawab untuk menanam dan memelihara bibit tanaman tersebut , sehingga tingkat prosentase hidup Insya Allah tinggi,"harapnya


Terakhir menurut UPT KPH Mandah dengan adanya penghijauan dilingkungan pondok pesantren dimaksudkan  untuk nantinya buahnya dapat dinikmati  sebagai nutrisi, dan mendatangkan nilai tambah bagi perekonomian di lingkungan pondok pesantren Al Rasyid,


Untuk diketahui bahwa UPT KPH Mandah melakukan terobosan gerakan santri tanam dan pelihara pohon  dan tahap awal bekerja sama  dengan pondok pesantren Al Rasyid dan akan di tanam  dengan 500 bibit jenis MPTS di lingkungan pondok pesantren.

 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar