Bupati Inhil HM. Wardan Menjadi Keynote Speech Sosialisasi Satu Data Indonesia

Dok, Humas Pemda Inhil

SIBERONE.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM.Wardan menjadi keynote speech pada acara peningkatan Awareness terhadap Data Statsitik Sektoral yang dilaksanakan secara Webiner dari ruang Multimedia Diskominfo Pers Kompleks Kantor Bupati Jalan, Akasian No.1 Tembilahan, Rabu (6/10/2021). 

Turut mendampingi Bupati, Sekda, Kepala BPS Tembilahan dan beberapa Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Inhil secara virtual. 

Bupati HM. Wardan dalam arahannya mengatakan, Sesuai dengan amanat Presiden RI pada pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 2019 bahwa data jenis kekayaan baru bangsa ialah data lebih berharga dari minyak. Untuk itu, kedaulatan data harus di wujudkan. 

"Mengingat saat ini data yang tidak memiliki sinkronisasi mengakibatkan sulit untuk mendapatkan data - data membuat kegiatan perencanaan pembangunan terhambat sehingga dibutuhkan suatu terobosan yang bisa menyelesaikan permasalah data khususnya data-data perangkat Daerah," ucap Bupati Inhil HM Wardan.

Untuk itu, Dikatakan Bupati HM Wardan, satu data Indonesia merupakan awal dari penyelesaian permasalahan data di Indonesia khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam Perpres No.39 TH 2019 tentang satu data Indonesia. Tujuannya untuk mengatur tata kelola data pemerintah dalam rangka untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Bupati HM Wardan menambahkan. Untuk mencapai satu Indonesia di Kabupaten Indragiri Hilir diharapkan adanya koordinasi yang baik antar instansi pemerintah sesuai dengan tufoksi pekerjaan yang diamanatkan dalam Perpres tersebut. 

"Sehingga dalam mendukung kegiatan ini Forum satu data Indonesia tingkat Daerah melalui Sekretariat satu data Indonesia tingkat Daerah yang dilaksanakan kepala Badan yang dikoordinasikan dibidang perencanaan pembangunan dengan pembina data yaitu BPS Kabupaten Inhil," Tambah Bupati Inhil HM

Ia juga berharap kepada sekretariat satu data Indonesia tingkat Daerah untuk dapat mengkoordinasikan, memantau pencapaian, memberikan dukungan pelayanan teknis serta melaksanakan tugas-tugas lainnya yang mendukung kegiatan Satu Data Indonesia Kabupaten Indragiri Hilir. 

Terakhir Bupati HM.Wardan mengharapkan kepada seluruh peserta Webiner dapat mengikutinya dengan seksama dan menindak lanjuti hasil Webiner ini dan semoga dengan Webiner ini meningkatkan kesadaran  bahwa data akan bermanfaat jika di gunakan.

"Mudah-mudahan seluruh Perserta webiner dapat mengikuti dengan seksama dan dapat menindak lanjuti hasil webiner, serta dapat meningkatkan kesadaran kita bahwa data sangat penting dan bermanfaat jika digunakan," tutup Bupati Inhil HM Wardan.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar