SIBERONE.COM - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes mulai naik kelas. Terbukti, produk-produk UMKM Brebes bertengger sejajar dengan produk-produk nasional yang disajikan di toko modern Indomaret. Sebanyak 12 macam produk UMKM sudah tersedia di Indomaret setelah ada Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Brebes dengan PT Indomarco Prismatama. 

Sinergi yang saling menguntungkan itu, ditandatangani antara Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dengan Branch Manager Cirebon PT Indomarco Prismatama L Sanjaya Trio Purnomo di halaman toko Indomaret Alun-alun Brebes, Selasa (21/9/2021).

Bupati, mengapresiasi langkah PT Indomarco Prismatama selaku pengelola Toko Modern Indomaret yang sudah bersinergi dengan Pemkab Brebes. Sehingga kemajuan UMKM makin kuat sebagai penopang perekonomian masyarakat.

Menurut Bupati, masuknya produk-produk UMKM Brebes di Indomaret telah membuktikan Indomaret tidak hanya mengutamakan laba usaha semata. Tetapi telah menunjukan kebermanfaatan yang sangat besar bagi pelaku ekonomi lokal.

Kata Idza, selain kerja sama dengan Indomaret, UMKM Brebes juga sudah menjalin kerja sama dengan Alfamart, Bukalapak, dan PT KAI.
Untuk itu, Idza juga wanti-wanti kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan mutu produk, kemasan, dan jenis jenis pemasaran lain. Semakin luasnya pemasaran produk UMKM, maka seluruh pelaku UMKM agar dapat memperhatikan beberapa hal penting diantaranya, selalu menjaga kualitas produk agar lebih menarik dan diminati. Serta memenuhi standar produk yang dipersyaratkan sehingga mampu bersaing dengan produk-produk lainya.
Branch Manager L Sanjaya Trio Purnomo menyampaikan, saat ini baru ada 12 macam produk UMKM Brebes yang siap dipasarkan di 90 gerai Indomaret. Dia berharap kedepan akan lebih banyak lagi produk UMKM Brebes yanga memenuhi syarat bisa dipasarkan di Indomaret.

Pihaknya menargetkan ada 5 persen UMKM Brebes yang bisa memenuhi rak-rak outlet Indomaret.

“Kerja sama semacam ini, tentunya selaras dengan manajemen Indomaret sebagai perusahaan ritel, dengan menggandeng UMKM lokal untuk maju bersama-sama,” tegas L Sanjaya.

Hadir dalam Launching Produk UMKM Brebes Masuk Indomaret antara lain Wakil Bupati Brebes Narjo, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan  Sekda Brebes Tety Yuliana, Asisten bidang Administrasi Sekda Brebes Yuta Sugiharti, Kepala Dinas Koperasi Usama Mikro dan Perdagangan Zaenudin dan Kepala OPD lain yang diundang hadir. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar