Ciptakan Peluang Usaha, Jangan Terpatok Cari Kerja


SIBERONE.COM - Gubernur H Ansar Ahmad mengatakan bahwa wisuda bukan berarti akhir dari proses belajar. Dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, proses belajar tak pernah berhenti. Agar seseorang tak pernah tertinggal dengan perkembangan-perkembangan.

“Dalam ilmu pendidikan, ada dua tugas kita untuk terus meng upgrade ilmu pengetahuan guna memenuhi standar kompetensi sebagai wisudawan. Pertama tranfer ilmu ditengah-tengah masyarakat dan yang kedua merubah sikap dan prilaku,” kata Gubernur Ansar saat menghadiri acara Dies Natalis II & Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan IV Universitas Ibnu Sina (UIS) di Hotel Planet Holiday Batam, Sabtu (28/8).  

Gubernur Ansar percaya bahwa dengan dengan modal ilmu pengetahuan yang telah ditimba selama duduk dibangku kuliah, para wisudawan akan bisa mengimplementasikan di tengah-tengah masyarakat. Sebagai insan akademis, teruslah implementasikan pengetahuan di tengah masyarakat.

Gubernur Ansar pun mengingatkan para wisudawan untuk menjadi mereka yang membuka peluangan dapam berbagai bidang. Seperti dengan membuka peluang untuk pekerjaan.

“Selamat untuk para wisudawan. Teruslah kalian krestif dan inovatif. Ciptakan selalu peluang usaha. Jangan terpatok cari kerja, tapi buatlah peluang kerja,” kata Gubernur Ansar.

Sementara itu Rektor UIS Batam, Prof Dr Mustaqim Syuaib mengatakan UIS merupakan gabungan dari 3 sekolah tinggi, yakni sekolah tinggi ekonomi, teknik dan kesehatan. Pun sebenarnua masih satu sekolah tinggi lagi, yakni Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI) Ibnu Sina. Tapi sejauh ini masih dalam proses. Mudah-mudahan cepat bergabung. 

UIS sejauh ini telah memwisuda 4 angkatan, sepanjang universitas ini resmi beroperasi dua tahun lalu. Dan kali ini menjadi angkatan ke 4 yang dilakukan prosesi wisuda.  

Pelaksanaan wisuda kali ini dilakukan sedikit berbeda, karena masih dalam masa pandemi covid 19. Prosesi wisuda dilakukan secara langsung dan juga online. 

Sebanyak 108 wisudawan melakukan prosesi wisuda langsung dari Ballroom Hotel Planet Holiday dan selebihnya sebanyak 284 mengikuti secara online dari rumah masing-masing. Total sebanyak 392 wisudawan. 

Univeristas Ibnu Sina Batam sendiri memiliki 3 fakultas kejuruan. Masing-masing Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan dengan program studi Manajemen (SI) dan Akuntansi (SI). 

Berikutnya Fakultas Ilmu Kesehatan dengan program studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SI) dan Kesehatan Lingkungan (SI). Dan terkhir Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Informatika (SI) dan Teknik Industri (SI).

Turut mendampingi Gubernur Kepri, Pj Sekdaprov Kepri Lamidi, Kadisdik Muhammad Dali. Hadir juga Asisten III Sedako Batam, perwakikan dari yayasan Universitas Ibnu Sina dan para wisudawan. (rfk)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar