Saka Adhyasta Pemilu, Menjadi Ajang Pembelajaran Berdemokrasi


SIBERONE.COM - Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH menaruh harapan besar kepada Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu sebagai ajang pembelajaran berdemokrasi. Anggota Saka Adhyasta nantinya menjadi pelopor pengawasan penyelenggaraan pemilu serentak 2024. 

Demikian penyampaian Narjo saat menghadiri pengukuhan Majelis Pembimbing (Mabi) Saka Adhyasta Pemilu, di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, Sabtu (14/8). 

“Semoga adanya kelengkapan Saka Adhyasta Pemilu masa bakti 2021-2026., bisa turut mensukseskan kegiatan Pemilu serentak 2024 mendatang,” harap Narjo.

Dikatakan Narjo, sebagai anggota Pramuka harus selalu taat pada peraturan. Baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah. Terlebih sekarang masih dalam masa pandemi Covid-19 diantaranya harus selalu mematuhi protokol kesehatan. 

“Kami mewakili pemerintah daerah, mengapresiasi strategi yang telah dilakukan oleh Bawaslu dengan membentuk Saka Adhyasta Pemilu. Kedepan, melalui Gerakan Pramuka agar bisa mensukseskan Pemilu serentak 2024 mendatang.” tandas Kak Narjo.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Brebes H Emastoni Ezam melantik dan mengukuhkan Mabi Saka Adhyasta Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes. Pelantikan digelar sederhana dengan protokol kesehatan dan bertepatan dengan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021.

Dikatakan Kak Toni, di dalam Pramuka terdapat orang-orang pilihan yang siap membina karakter bangsa, karakter yang berjiwa akhlakul karimah. Seluruh anggota Pramuka adalah duta perubahan, termasuk Kak Wakro sebagai Ketua Mabi Saka Adhyasta dan seluruh anggotanya. Kebetulan, Kak Wakro dalam pelaksanan tugas dan fungsi kedinasannya sebagai Ketua Bawaslu.

lanjut Kak Toni, tugas-tugas Kak Wakro tidaklah mudah  karena ada tambahan tugas sebagai Ketua Mabisaka Pramuka Adhyasta Pemilu. Untuk itu, perlu kesiapan batin, dengan niat yang tulus dan ikhlas, ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana.

Perlu diketahui, lanjutnya, Mabisaka Pramuka Adhyasta Pemilu di Jawa Tengah baru ada dua yang dilantik. Pertama di Kwarcab Kabupaten Karanganyar yakni pada Jumat (6/8) lalu dan kedua, Kwarcab Brebes yang bertepatan Harka ke-60.

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes sekaligus Ketua Mabisaka Adhyasta Pemilu Wakro SIP menjelaskan, Saka Adhyasta Pemilu bisa mempermudah kerja Bawaslu dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengawasan partisipatif. 

Saka Adhyasta Pemilu, menjadi wadah kegiatan keadhyastaan (Pengawasan) Pemilu. Diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu. Juga menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan partisipatif.

Tujuan dibentuknya Mabisaka Adhyasta Pemilu Kabupaten Brebes yakni membina, meningkatkan pengetahuan keterampilan dan wawasan Pramuka penegak dan pramuka pandega di wilayah Kwartir cabang Brebes dalam bidang pengawasan pemilihan umum. “Ada tiga krida dalam Saka ini, yakni Krida Pengawasan Pemilu, Krida Pencegahan Pemilu dan Krida Penanganan Pelanggaran Pemilu,” terangya.

Setidaknya, kata Wakro, Saka Adhyasta Pemilu bisa menjadi tangan panjang Bawaslu untuk mensosialisasikan program-program Bawaslu. Kedepan berharap pembentukan Saka Adhyasta Pemilu bisa sampai ketingkat Kwartir Ranting. Sehingga bisa lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan pengawasan partisipatif. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar