Galeri Foto

Destinasi Budaya Menongkah di Inhil

SIBERONE.COM - Salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di wilayah kabupaten Inhil yaitu budaya menongkah di Pantai Terumbu Mabloe.

Yang mana Empat orang dari keturunan Suku Duanu berselancar di permukaan lumpur.

Dan hebatnya mereka berada di posisi dan gerakan, yakni kedua tangan bertelapak, satu kaki berlutut, dan kaki satunya lagi difungsikan untuk mendayung.

Ya, menongkah kerang merupakan salah satu tradisi unik yang dimiliki keturunan 'orang laut'. Jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti menongkah adalah memasang papan di tempat yang becek.

Mereka berbondong-bondong memadati sisi Pantai Terumbu Mabloe di Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Posisi Terumbu Mabloe di Tanjung Bakung ini sangat diuntungkan. Sebab berdempet langsung dengan lokasi menongkah yang luasnya lebih kurang seperti lapangan sepak bola. Hari ini, tradisi tersebut diagungkan sebagai sarana rekreasi untuk para pelancong.

Sebenarnya puncak Terumbu Mabloe sendiri bukanlah lumpur. Pantai sana penuh dengan serasah kulit Kerang dan sejenisnya. Serasah ini tertimbun secara alami layaknya pasir Pantai Solop di Pulau Cawan.