Galeri Foto

Peringati HKN ke-59, Dinkes Inhil Lakukan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular, Edukasi Stunting dan Minum TTD

SIBERONE.COM - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar senam pencegahan osteoporosis bersama dan donor darah yang dilangsungkan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Kamis (30/11/2023). 

Kegiatan yang disejalankan dengan peringatan Hari Guru dan Korpri ini juga dilangsungkan dengan deteksi dini penyakit tidak menular, aksi bergizi bagi siswi SMP dan SMA sederajat, edukasi stunting dan anemia serta minum Tablet Tambah Darah (TTD). 

"Hari ini dalam rangka memperingati HKN ke-59, Hari Guru, PGRI dan Hari Korpri dilaksanakan senam pencegahan osteoporosis dan donor darah. Selain itu, Dinkes juga mengadakan kegiatan penggerakan masyarakat untuk deteksi dini penyakit tidak menular (Hipertensi dan Diabetes) kemudian kegiatan Aksi Bergizi bagi siswi SMP dan SMA sederajat kegiatannya senam bersama, edukasi tentang stunting dan anemia, serta minum Tablet Tambah Darah serentak," ucap Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri. 

Dalam keterangan Sekda Drs. Afrizal mengatakan, Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan kita khususnya dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Terutama melalui gaya hidup sehat misalnya dengan senam bersama (senam osteoporosis) dan donor darah yang kita laksanakan hari ini. 

"Senam bersama ini sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan kebugaran, kesehatan dan supaya dapat terhindar dari osteoporosis yaitu; suatu kondisi ketika kedapatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Disamping itu, senam ini juga bermanfaat memperkuat jalinan silaturahmi dan kebersamaan diantara kita semua," ujarnya. 

"Selanjutnya kegiatan donor darah ini memiliki tujuan yang sangat baik yakni untuk menjamin ketersediaan darah yang cukup bagi ibu hamil, ibu bersalin dan masyarakat yang membutuhkan darah," imbuhnya. 

 

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekda Drs.Afrizal bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Siti Mariah Afrizal, Asisten, Pimpinan OPD serta Pejabat Eselon, Pengurus PGRI serta Siswa-siswi yang ada di Kota Tembilahan.