Galeri Foto

Melalui Bidang P2P, Dinkes Inhil Laksanakan DAK Non Fisik di Puskesmas Batang Tumu

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) melaksanakan kegiatan DAK Non Fisik dari Kementrian dan IDI Kabupaten Inhil di Puskesmas Batang Tumu, Kecamatan Mandah. 

Dimana kegiatan tersebut juga dilakukan monitoring langsung oleh Kementrian Kesehatan sekaligus meninjau lokasi di wilayah tersebut. 

Kabid P2P Devi Natalia mengatakan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan ini bergerak dalam 2 tahap di Wilayah kerja UPT Puskesmas Batang Tumu, Kecamatan Mandah, Kabupaten Inhil, Riau. 

"Alhamdulillah kegiatan kita kemarin, Ahad (5/11/23) berjalan dengan lancar dan warga yang ada di wilayah kerja Puskesmas Batang Tumu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan kesempatan yang kita laksanakan bersama kementerian Kesehatan," kata Devi saat di hubungi via WhatsApp, Senin (6/11/23). 

Lebih lanjut, Devi menyebutkan kegiatan bertujuan untuk mempermudah jangkauan pelayanan spesialistik ke Daerah terpencil dan ini merupakan langkah yang bagus karena respon dari masyarakat sayang baik. 

"Jadi kita bersama IDI turun ke Wilker Batang Tumu, dengan tim dokter Spesialis. Memberikan pelayanan kesehatan. Dokter yang kita bawa adalah dokter spesialis penyakit Dalam, Mata, Syaraf, Anak, THT, dan Kandungan," paparnya. 

Ia juga menambahkan, dari pemeriksaan tersebut ada beberapa macam penyakit yang di temukan beragam seperti gangguan mata, katarak, Ptergium, masalah syaraf, kalau anak-anak ada kasus stunting, obesitas, batuk pilek, dan lainnya. 

"Di tahap 1 ada sejumlah 320 pasien seluruhnya, yang kedua kemarin sekitar 200 pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Jadi mereka dilayani dokter spesialis, kemudian di berikan pengobatan juga. Untuk kasus yang sifatnya harus dirujuk, ya dibuatkan rujukan ke rumah sakit agar dilakukan tindak lanjut, setelah itu kita pantau melalui puskesmas Batang Tumu kondisi dan perkembangan kesehatan pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan spesialistik tersebut untuk kasus rujukan, akan dirujuk ke RSUD," jelasnya. 

 

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai sejumlah penyakit di musim pancaroba.

Pada masa peralihan musim saat ini, masyarakat seyogianya menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang.

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkes Inhil,  Rahmi Indrasuri melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Devi Natalia. 

 

"Kepada masyarakat diimbau selalu menjaga kesehatan lingkungan serta memperhatikan makanan. Karena saat ini penyakit sangat mudah menyerang apa lagi dengan cuaca yang selalu berubah-rubah membuat daya tahan tubuh menjadi melemah," ucapnya. 

 

Upaya antisipasi yang bisa dilakukan masyarakat dalam menghadapi peralihan musim adalah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta menjaga kebersihan lingkungan. 

"Menjaga kebersihan lingkungan bisa dimulai dari diri sendiri maupun keluarga. Jika masing-masing keluarga saling menjaga maka diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Inhil bisa terhindar dari masalah-masalah penyakit yang muncul di musim pancaroba," pungkasnya.