Galeri Foto

Dipimpin Sekda, Dinkes Inhil Gelar Upacara Peringatan HKN ke-59

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Dinkes Kabupaten Inhil, Senin (13/11/2023).

Pelaksanaan upacara ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H. Afrizal, diikuti oleh Inspektur Inspektorat Inhil Budi N Pamungkas, Kepala BKPSDM Inhil Sri Suharni Rawi dan Kadinkes Inhil Rahmi Indrasuri beserta jajaran dari berbagai unsur Kesehatan di Lingkungan Dinkes Inhil. 

Dalam amanat tertulis Menteri Kesehatan (Menkes), Budi G Sadikin yang dibacakan Sekda Afrizal mengatakan, ada 6 pilar transformasi kesehatan yang bisa ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

Pilar pertama, transformasi layanan primer. Dari fokus mengobati, menjadi mencegah.

Pilar kedua, transformasi layanan rujukan. Dari akses layanan kesehatan yang susah, menjadi mudah.

Pilar ketiga, transformasi sistem ketahanan kesehatan. A. Dari industri kesehatan yang bergantung ke luar negeri, menjadi di dalam negeri. B. Dari sistem kesehatan yang rentan di masa wabah, menjadi tangguh.

Pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan. Dari pembiayaan yang tidak efisien, menjadi transparan dan efektif.

Pilar kelima, transformasi SDM kesehatan. Dari tenaga kesehatan yang kurang, menjadi cukup dan merata, dan

Pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan. Dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi.

"Transformasi kesehatan adalah tonggak paling penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju," tambah H. Afrizal.