Galeri Foto

Pimpinan DPRD Pekanbaru Hadir Paripurna MoU KUA PPAS R-APBD 2024

SIBERONE.COM - DPRD Pekanbaru akhirnya menggelar Rapat Paripurna MoU KUA PPAS R-APBD Pekanbaru 2024, Selasa petang (5/9/2023). Awalnya, Paripurna ini digelar pada Senin (4/9/2023) dan Selasa siang. 

Paripurna ini nyaris batal, karena masih ada tarik menarik kepentingan antara Pemko Pekanbaru dan DPRD Pekanbaru. 

Rapat Paripurna ini langsung dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, di dampingi para wakilnya Ir Nofrizal MM, Ginda Burnama ST MT dan T Azwendi Fajri SE. 

Sementara dari Pemko, hadir Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, para asisten dan kepala OPD, serta unsur Forkompimda lainnya. 

MoU KUA-PPAS R-APBD yang disepakati Rp 2,784 triliun. Nilai ini disepakati dari proyeksi dan target pendapatan yang bisa diraih tahun depan. Mulai dari PAD, pendapatan transfer dan dana perimbangan, dana insentif daerah, pendapatan transfer antar daerah, serta lain-lain pendapatan yang sah. 

"Jumlah R-APBD 2024 ini memang naik dari APBD tahun 2023 yang sudah ditetapkan, yakni Rp 2,699 triliun," kata Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi Sabarudi ST. 

Sesuai target yang dirumuskan dalam Rapat Banggar bersama TAPD Pemko, untuk PAD yang akan dicapai tahun depan Rp 991,7 miliar. Sementara untuk pendapatan dana transfer Rp 1,792 triliun, dana insentif daerah Rp 19,1 miliar, pendapatan transfer antar daerah Rp 311 miliar, serta pendapatan hibah belum bisa ditentukan. 

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengucapkan terima kasih, kepada semua anggota DPRD Pekanbaru, terutama Banggar yang sudah membahas KUA PPAS R-APBD 2024 bersama TAPD, hingga setakad ini. 

"Kami berharap untuk pembahasan selanjutnya, bisa dilaksanakan. Sehingga nanti disahkan sebelum jatuh tempo," harap Muflihun. 

Setelah MoU KUA PPAS R-APBD 2024 ini, tahapan selanjutnya, Paripurna Pandangan Umum Fraksi DPRD Pekanbaru, Paripurna Jawaban Pemerintah dan Paripurna Pengesahan R-APBD 2024 menjadi Perda Kota Pekanbaru. 

Sesuai aturan, pengesahan APBD Murni 2024 paling lambat pada 30 November 2023 mendatang.***