Galeri Foto

Pimpinan DPRD Nofrizal Berbagi Ilmu UMKM saat Beri Pelatihan di BRI

S8BERONE.COM - Pimpinan DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM, memberikan pelatihan UMKM kepada mitra BRI, pada Selasa (1/8/2023), gedung Menara BRI Pekanbaru. Acara ini digelar dengan berbagai mitra UMKM BRI, yang fokus berbagi ilmu tentang pengetahuan bagi pelaku UMKM.

Hadir saat itu, para pelaku UMKM, serta pejabat BRI Pekanbaru. Untuk diketahui, kegiatan ini dihelat untuk mendorong dan mewujudkan pelaku UMKM naik kelas.

Para pelaku UMKM sangat antusias mengikuti sejumlah materi yang diberikan oleh para instruktur profesional dari kalangan praktisi maupun akademisi. Termasuk dari Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM.

"Pelatihan ini digelar bertujuan, agar para pelaku UMKM mengetahui aspek administrasi perizinan untuk menjalankan usahanya termasuk juga untuk mengakses permodalan," kata Nofrizal di sela-sela acara.

"Setiap saya reses, saya banyak bertemu dengan pelaku UMKM yang belum tahu bagaimana menaikkan kelas usahanya. Manajemen yang dijalankan masih apa adanya. Makanya pertemuan kita ini intinya, berbagi ilmu lah," tambahnya.

Para pelaku UMKM menurut dia juga tidak tahu bagaimana memulai mengurus perijinan, hak merek hingga bagaimana mengakses permodalan. "Padahal pemerintah selama ini cukup banyak menggelontorkan dana untuk permodalan UMKM," terangnya.

Dalam pelatihan tersebut, para pelaku UMKM juga akan dibentuk cara berfikirnya dalam membuat perencanaan pengembangan usaha jangka panjang maupun jangka pendek. Pelatihan untuk pelaku UMKM menurutnya sangat penting agar UMKM dapat mandiri dan berdaya saing.  

"UMKM di Pekanbaru selama ini terbukti tangguh dan terbukti sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi. Dia yakin UMKM juga akan menjadi instrumen penguat perekonomian Jatim di tengah ancaman resesi global," akunya.***