Galeri Foto

Kadinkes Inhil Hadiri Rapat Sinkronisasi Data Stunting Kabupaten Indragiri Hilir

 

 


SIBERONE.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Kadinkes Inhil) Rahmi Indrasuri menghadiri Rapat  Sinkronisasi Data Stunting Kabupaten Indragiri Hilir yang dilangsungkan di ruang rapat Kediaman Bupati Jl. Kesehatan No.1 Tembilahan, Minggu (13/11/2022) siang.

Rapat ini juga turut dihadiri Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM. Wardan, Ketua TP. PKK Kabupaten Inhil sekaligus Ketua Gerakan Satu Hati (GSH) Kabupaten Inhil Hj.Zulaikhah Wardan, Kepala Bappeda Inhil, Dinas PMD Inhil, DP2KBP3A Inhil, Dinas Sosial Inhil, IDI Inhil, dan IBI Cabang Inhil.

Dalam arahannya Bupati mengatakan Untuk data stunting yang belum sinkron antara Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Maka perlu dilakukan suatu gerakan pendataan balita di seluruh Kabupaten Indragiri Hilir melalui TPPS desa.

"Setelah terdata seluruh balita dilakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan, dengan alat yang standar sehingga data yang didapat sangat akurat," ucap Bupati Wardan.

Dengan itu, Bupati Inhil meminta seluruh OPD untuk berkerjasama dalam mengupayakan penanggulangan Stunting.

"Penanganan stunting ini tidak akan maksimal terkecuali juga harus terintegrasi dari semua perangkat OPD yang terkait tanpa terkecuali," ujar Bupati.

ha senada juga disampaikan oleh Ketua GSH Hj. Zulaikhah Wardan mengatakan, permasalahan data memang harus segera diatasi mengingat pentingnya hal itu maka diharapkan semua OPD terkait berkerja sama guna mewujudkan data yang akurat.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa selama ini kita sudah banyak melaksanakan kegiatan penanggulangan stunting, terintegrasi disini salah satunya bekerjasama dengan Baznas yaitu melalui kegiatan peningkatan Ekonomi Mustahik, dan kita juga melaksanakan pencegahan dan penanggulangan stunting di seluruh Kecamatan mulai sejak dini," pungkasnya.