Galeri Foto

Terkait Isu Cemaran Obat Jenis Sirup, Dinkes Inhil Lakukan Pemeriksaan di Apotek Tembilahan

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama Loka POM dan Polres Inhil telah melakukan Pemeriksaan, Pembinaan dan Pengawasan di beberapa apotek dan toko obat di sekitaran Tembilahan, Rabu (26/10/22) yang lalu.

Sebelum melakukan kegiatan pelaksanaan pemeriksaan, pembinaan dan pengawasan terlebih dahulu melaksanakan Briefing yang dibuka Kepala Dinkes Inhil yang diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Teknis Zainudin.SKM.Msi., di Aula Kantor Dinas Kesehatan Inhil.

Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir Melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Teknis Zainudin.SKM.Msi mengatakan bahwa kegiatan Pembinaan dan Pengawasan ini dibagi menjadi 2 (Dua) Tim.

"Dimana Pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan berupa edukasi terkait isu cemaran obat disedian sirup/cair. Ada 133 item obat yang sudah dilakukan uji laboratorium oleh BPOM dan boleh diedarkan sesuai dengan petunjuk penggunaan," kata Zainuddin.

Dijelaskannya juga bahwa terkait Item yang dilarang edar oleh BPOM, pihak Apotek dan toko obat dapat memisahkan sesuai dengan aturan cara pengelolaan obat yang baik dan dilaporkan kepada PBF (Pedagang Besar Farmasi) dan PBF melakukan penarikan Kembali terhadap obat-obatan tersebut.

"Berdasarkan surat dari Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan diminta untuk mengedukasi masyarakat melalui Puskesmas, Rumah Sakit dan Sarana pelayanan kesehatan mengenai kewaspadaan orang tua yang memiliki anak (terutama usia < 6 tahun), Kemduian orang tua yang memiliki Balita, Ditambahkan Zainudin sementara ini diminta untuk tidak mengkonsumsi obat – obatan kecuali yang sudah di rilis oleh BPOM yang sesuai dengan informasi kelima melalui Surat Edaran.

"Adapun kegiatan pemeriksaan, pembinaan dan Pengawasan di apotek dan toko obat terkait isu cemaran obat yang mengandung EG/DEG(Etilen Glikol/Dietilen Glikol) pada obat sedian sirup/cair juga dilakukan oleh beberapa Puskesmas di Kecamatan," ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Substansi Kefarmasian dan Alat Kesehatan, UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hiir dan Pihak Polres Inhil.