Galeri Foto

UPT Puskesmas Teluk Pinang Gelar Kelas Ibu Hamil

 


SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) melalui UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Teluk Pinang melakukan pemeriksaan melalui Kelas Ibu Hamil.

Hal tersebut dilakukan mengingat bahwa setiap wanita hamil mempunyai risiko komplikasi dan berhak mendapatkan akses terhadap pelayanan asuhan kehamilan, persalinan, dan nifas yang berkualitas.

Dengan demikian kegiatan yang digelar UPT Puskesmas Teluk Pinang ini sebagai bentuk dalam mengupayakan kehamilan yang sehat baik bagi ibu maupun bagi sang buah hati.

Bidan Koordinator UPT Puskesmas Teluk Pinang, Sandhita Akita Rinaldy mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan Puskesmas Teluk Pinang, tidak hanya memberikan pelayanan terbaik, Puskesmas Teluk Pinang juga memberikan USG gratis bagi Ibu Hamil.

“Kelas Ibu Hamil UPT Puskesmas Teluk Pinang ini rutin di laksanakan setiap bulannya. Untuk menarik minat ibu hamil dalam mengikuti kegiatan ini, kami memberikan pelayanan Pemeriksaan dengan USG Kehamilan Gratis  bagi setiap ibu hamil yang datang,” ujarnya.

Ditambahkan Plt Kepala UPT Puskesmas Teluk Pinang, Suharmin, SKM, MM, memaparkan pelayanan kepada ibu hamil ini merupakan suatu inovasi dari Puskesmas Teluk Pinang.

"Kegiatan Kelas Ibu Hamil ini merupakan salah satu bagian dari Inovasi UPT Puskesmas Teluk Pinang yaitu PAPAN SELANCAR (Pemantauan dan Pemeriksaan Antenatal Care agar Ibu dan Bayi  Sehat dan Persalinan Lancar)," paparnya.

Selain itu, Suharmin menyebut pihak Puskesmas juga telah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan.

"Untuk menyongsong persalinan yang aman dan nyaman di fasilitas kesehatan. Dalam rangkaian kegiatan kelas bumil tersebut UPT puskesmas Teluk Pinang juga melakukan edukasi/penyuluhan terhadap ibu hamil tentang hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan dan kesiapan menuju persalinan. Juga pelayanan pemeriksaan gigi dan mulut bagi ibu hamil, serta melaksanakan senam ibu hamil," jelasnya.