Galeri Foto

Tingkatkan Pengetahuan Remaja, UPT Puskesmas Kuala Enok Laksanakan Pembinaan KRR dan Peer Conselor

 

 

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) melalui UPT Puskesmas Kuala Enok menggelar Pembinaan (Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dan Peer Conselor (Bimbingan Teman Sebaya) untuk anak remaja di tingkat SLTP dan SLTA, Selasa (15/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung di aula UPT Puskesmas Kuala Enok ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja dan diharapkan bisa menjadi peer conselor untuk teman sebayanya yang dimana para remaja sering menutup diri kepada orag tua dan gurunya. 

kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari  siswa/i SLTP dan SLTA serta duta stunting Kecamatan Tanah Merah. 

Dalam kegiatan ini dihadirkan pemateri tentang anemia dan tablet tambah darah (TTD), Ikrima Ferjeni, A.Md. Gz, pemateri tentang kenakalan remaja, pergaulan bebas dan pernikahan dini oleh dr. Erniyati serta penyampaian materi tentang peer conselor yang disampaikan oleh Nursiah Sitompul, Amd. Keb.

Kepala Puskesmas Kuala Enok diwaliki oleh Ketua TU Fatmawati, Amd. Keb. berharap kedepannya KRR dan Peer Conselor ini bisa menjadi penyelesaian masalah dapat menghambat proses belajar.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan pembinaan KRR dan Peer Conselor ini dapat membantu pihak sekolah serta Tenaga Kesehatan Puskesmas Kuala Enok menjaring siswa/i yang masalah dapat menghambat proses belajar, Sehingga masalah cepat diketahui oleh guru dan bisa diselesaikan sebelum permasalahan menempuh jalan buntu," ucap Fatmawati, Amd. Keb.

Di kesempatan yang sama, duta stunting Kecamatan Tanah Merah membacakan komitmen katakan tidak pada pernikahan dini bertujuan untuk menurunkan angka pernikahan dini di Kecamatan Tanah Merah yang diikuti dan ditanda tangani oleh siswa-siswi. 

Tidak hanya materi, Para peer conselor ini diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung bagaimana cara menjadi peer conselor yang baik dan benar dengan sesama siswa/i yang hadir dalam kegaitan tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat para peer coselor ini semakin memahami tentang materi konseling yang telah diberikan dan menambah kesiapan untuk terjun kelapangan nantinya.