Galeri Foto

DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Fraksi APBD-P 2022

 

SIBERONE.COM - DPRD Pekanbaru kembali menggelar rapat paripurna R-APBD Perubahan 2022. Tahapan Paripurna yang digelar Kamis (29/9/2022) malam itu  yakni Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Umum Fraksi Tentang R-APBD Perubahan 2022. 

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ir Nofrizal MM langsung memimpin Paripurna didampingi dua pimpinan DPRD lainnya, Ginda Burnama ST MT, T Azwendi Fajri SE serta para anggota dewan. 

Sementara dari eksekutif, hadir Sekdako Pekanbaru, H M Jamil mewakili Pj Wali Kota Pekanbaru , Muflihun, para kepala OPD serta unsur Forkompimda Pekanbaru. 

Ir Nofrizal MM mengatakan, paripurna kali ini untuk mendengar jawaban dari Pemko Pekanbaru terhadap persoalan yang menjadi pertanyaan dari semua fraksi-fraksi yang ada di DPRD Pekanbaru, Fraksi PKS, Fraksi PDI-P, Fraksi Gerindra PPP, Fraksi PAN, Fraksi Hanura NasDem, Fraksi Demokrat dan Fraksi Golkar. 

Jawaban Pj Wali Kota Pekanbaru yang dibacakan Sekdako Pekanbaru, H M Jamil menanggapi mulai persoalan keterlambatan KUA PPAS akan menjadi perhatian bersama, khususnya TAPD ke depannya. 

Sementara untuk kenaikan BBM, Pemko sudah melakukan langkah-langkah mengantisipasi inflasi, sudah mengalokasikan 2 persen untuk belanja umum kesejahteraan sosial. 

"Terkait tanggapan mengenai potensi PAD, bahwa Pemko melalui Bapenda sudah melakukan pemotongan pajak melalui aplikasi ril time, yang masuk ke sistem pajak. Sehingga pengelolaan pajak bersih dan akuntabel," paparnya. 

Selanjutnya, mengenai pandangan tentang upah PBPU dan PPDB, tambah Jamil, bahwa Pemko akan meninjau kembali terhadap upah PBPU. Sedangkan untuk PPDB, khususnya masyarakat yang tak bisa Masuk ke SMP karena kurang sekolah dan sistem zonasi, Pemko melalui Disdik selalu berusaha untuk memenuhi daya tampung untuk lulusan SD setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan Pemko sudah membangun sekolah baru di Tampan, Bukitraya dan lainnya. 

Sementara mengenai tanggapan masalah banjir, bahwa Pemko tahun 2020 lalu, sudah menyusun masterplan penanganan banjir. Diketahui posisi Kota Pekanbaru diapit dua sungai besar, Sungai Siak dan Sungai Kampar. 

"Dimana pembuangan air ke Sungai Kampar, menjadi persoalan sendiri. Karena butuh koordinasi dengan Pemkab Kampar. Termasuk Pemprov Riau, untuk memecahkan persoalan banjir di semua daerah di Pekanbaru. Yang pasti, PUPR tetap mengacu kepada masterplan 2020-2040. Memang belum semua titik, yang belum kita diatasi," terangnya. 

Lebih lanjut disampaikan, mengenai tanggapan soal kesehatan, Pemko sudah melakukan evaluasi BPJS, mulai regulasi, ketersesuaian sarana dan prasarana, yang harus sesuai dengan aturan. Termasuk perjanjian di rumah sakit bersama BPJS. 

"Kita juga menanggapi kenapa tak ada beasiswa beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan saat itu terbentur oleh aturan. Namun ke depan akan ada beasiswa untuk masyarakat miskin dan sebagainya. Untuk hal lainnya, termasuk KIS, Pemko memastikan akan memaksimalnya," sebut Jamil. 

Dengan sudah dijawab Pemko tentang Pandangan Fraksi DPRD Pekanbaru ini, maka forum menyetujuinya. 

"Dengan ini, kami terima jawaban Pemko Pekanbaru. Setelah ini, kita akan gelar Rapat Paripurna Pengesahan APBD Perubahan 2022, Jumat (30/9/2022)," kata Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ir Nofrizal MM. 

Untuk diketahui, DPRD Pekanbaru dan Pemko sudah sepakat APBD Perubahan 2022, di angka Rp 2,5 triliun.***

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ir Nofrizal MM (tengah) saat membuka Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Fraksi APBD P 2022, Kamis (29/9/2022) malam.

Suasana Rapat Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Fraksi APBD P 2022, Kamis (29/9/2022) malam.

Sekdako Pekanbaru, HM Jamil (kanan) menyalami perwakilan Forkopimda dan para Kepala OPD saat Rapat Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Fraksi APBD P 2022.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam Rapat Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Fraksi APBD P 2022.

Plt Sekretaris DPRD Pekanbaru Maisisco SSos membacakan anggota DPRD yang hadir saat Rapat Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Fraksi APBD P 2022, Kamis (29/9/2022) malam.

Sekdako Pekanbaru, HM Jamil membacakan pidato Pj Wali Kota Pekanbaru tentang Jawaban Pemerintah terhadap pandangan Fraksi DPRD Pekanbaru, saat Rapat Paripurna, Kamis (29/9/2022) malam.

Pimpinan DPRD Pekanbaru dan Sekdako Pekanbaru, HM Jamil, berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya saat Rapat Paripurna Jawaban Pemerintah Tentang Pandangan Fraksi APBD P 2022.