Galeri Foto

Sempat Kesulitan, TRC DPKP Akhirnya Berhasil Evakuasi Ular Sanca di Inhil

 

SIBERONE.COM - Ular Sanca Batik berukuran kurang lebih 4 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jum'at (4/3/2022). 

Ular yang ditemui warga tersebut berada di Jalan Perintis, RT 03 RW 09 Kecamatan Tembilahan Hulu. Adapun upaya evakuasinya berawal dari adanya laporan Yadi (35), salah seorang warga sekitar yang menghubungi nomor Contacts DPKP Inhil (0768 244 88) dan melaporkan ada ular di daerah tersebut.

Danru II Piket Posko Damkar 
yang mendapat laporan warga  langsung beraksi cepat menurunkan tim dengan peralatan dan APD lengkap untuk melakukan evakuasi.

Tim sempat kesulitan ada saat tiba di lokasi karena ular berada di dalam drainase yang di cor dan kondisi air sedang pasang.

"Setelah ditunggu beberapa menit, tim melihat kepala ular muncul ke permukaan  air di dalam drainase, sehingga dengan cepat tim langsung melakukan evakuasi," ujar Kepala DPKP Drs H Eddiwan Shasby MM.

Evakuasi Ular Sanca jenis Batik ini dimulai sekira pukul 22.30 WIB dan telah berhasil dievakuasi oleh tim TRC DPKP Inhil pada pukul 00.15 WIB.

Selanjutnya, Kepala DPKP juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan buas yang akhir-akhir ini sering muncul.

"Pertama kurangi aktivitas tidak penting di tepian sungai yang buaya itu sering muncul, kemudian ketika melihat buaya tersebut usahakan menjauh serta segera melapor ke Kantor DPKP Inhil. Tidak hanya buaya, hewan lain seperti ular, biawak dan lain sebagainya juga dilaporkan, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan," terang Eddiwan.

Untuk diketahui, pelayanan kebakaran dan non kebakaran DPKP Kabupaten Inhil gratis alias tidak dipungut biaya.