Galeri Foto

Inhil Miliki Destinasi Wisata Keunikan dari Keindahan Alamn dan Keberagaman Dalam Budaya

SIBERONE.COM - Tidak bisa di pungkiri bahwa Indonesia memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bisa di kunjungi, Kabupaten Indragiri Hilir adalah salah satu daerah yang ada di Indonesia terdapat ada keunikan dari keindahan akan alamnya dan banyak keberagaman dalam budayanya yang berlapis akan sejarah.

Salah satunya warisan budaya suku Duano yaitu tradisi menongkah kerang. Tradis yang kaya akan nilai yang mempresentasikan kehidupan masyarakatnya dan sudah ada sejak tahun 2500 M.  

Dengan masyarakat yang berbudaya, berbudi luhur dan di sebagian daerah yang masyarakatnya masih menerapkan cara bersosial yang diambil dari norma-norma adat peninggalan nenek moyangnya.

Agar tak hilang termakan oleh zaman, pemerintah kabupaten Indragiri Hilir menjadikan tradisi menongkah kerang ini sebagai sebuah Festival yang kemudian menjadi event dan diadakan setiap tahun tepatnya pada bulan Juli.

Kegiatan mencari kerang di hamparan padang lumpur dengan menggunakan sebilah papan yang terbuat dari pohon tua yang dijalankan dengan tolakan kaki, sekilas terlihat seperti berselancar di atas lumpur.

Dengan diikuti oleh ribuan orang dari masyarakat setempat dan para pengunjung, karna beragam keunikannya inilah tradisi menongkah kerang masuk kedalam Warisan Budaya Tidak Benda (WBTB) pertama Kabupaten Indragiri Hilir pada tahun 2018.

Tentunya objek wisata warisan budaya ini sangat sayang jika dilewatkan, dengan semua keunikan yang ada didalamnya. 

Dengan adanya tradisi yang telah ditinggalkan oleh para leluhur tentunya memberikan dampak positif khususnya yang ada di wilayah daerah ini.

Mudah-mudahan tradisi menongkah ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat baik dari sumber alam ataupun yang lainnya.