Seskoad Gelar Focus Group Discussion (FGD) Litbanghan I Sismet TA 2021


SIBERONE.COM - Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Danseskoad), Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A., membuka kegiatan _Focus Group Discussion_ (FGD) Litbanghan I Sismet TA 2021 tentang Analisis Gelar Kekuatan Matra Darat dalam Rangka Memperkuat Wilayah Pertahanan Ibu Kota Negara, Kamis (17/6/2021) di Gd. Prof. Dr Satrio Seskoad.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Seskoad, para pejabat struktural Seskoad, Paban I Sintelad, Paban III Tahwil sterad, Paban I Jaksrenstra, Paban I Rensopsal, Paban I Rensopau, Paban IV Opsdagri, para Kasubdit Wilayah Laut, Udara, dan Darat. perwakilan TNI AD kodam VI/Mlw, perwakilan pemprov Kaltim, perwakilan Pemda PPU, perwakilan Polres PPU, serta para pakar penanggap yang hadir pada _Focus Group Discussion_ yakni Bapak Andi Widjayanto dan Bapak Dr. Kusnanto Anggoro.

Pelaksanaan FGD diawali dengan Paparan Kapokja tentang permasalahan penelitian serta laporan penelitian tentang Analisis Gelar Kekuatan Matra Darat dalam Rangka Memperkuat Wilayah Pertahanan Ibu Kota Negara untuk menjawab permasalahan sesuai temuan Tim Pokja pada saat pengumpulan data maupun analisa data penelitian.

Dan dilanjutkan dengan Moderator menyampaikan, tujuan dan latar belakang FGD serta memperkenalkan Tim Pokja maupun penanggap.

Mekanisme diskusi bersifat dua arah yang berbentuk pertanyaan peserta FGD kepada Panel yang terdiri dari Tim Pokja dan penanggap, yang selanjutnya ditanggapi oleh Panel maupun tanggapan Peserta FGD yang bisa dijawab oleh peserta FGD lainnya.

Adapun kesimpulan yang dirumuskan pada kegiatan FGD tersebut yakni; Perlu adanya pendalaman lebih lanjut dalam perencanaan gelar kekuatan matra darat sampai dengan _level Force Element_, sehingga dapat ditonjolkan kekhususan dari Kodam IKN (Ibu Kota Negara) jika dibandingkan dengan Kodam Penyangga maupun Kodam Lainnya yang saat ini sudah tergelar. dan masukan yang didapat pada saat FGD tersebut adalah konsep gelar kekuatan kodam IKN dan Kodam Penyangga agar disesuaikan dengan proyeksi transformasi militer 2045 yang sedang dikonsep Lab 45 (Gambar 2).

Konsep gelar kekuatan kodam IKN dan Kodam Penyangga harus dapat menghadapi jenis perang masa depan yang bersifat; Total, _Full Spectrum_ dan Konvensional (Gambar 3).

Sehingga kekuatan TNI AD di Kodam IKN diharapkan memiliki keunggulan didalam _Fire Power, Strategic Mobility_ dan _Force Mobilization_.

Selama kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan memedomani ketentuan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan penularan Covid-19. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar