Korem 061/SK Laksanakan Pembinaan Ketahanan Pangan Tahun 2021


SIBERONE.COM - Bertempat di Aula Balai Suryakancana  Korem 061/Sk yang berada di
Jl.Merdeka No 64 Kel Ciwaringin Kec Bogor Tengah Kota Bogor telah berlangsung Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ketahanan Pangan Korem 061/Sk Triwulan II Ta. 2021 yang di buka oleh Kol.Inf Mahesa Fitriadi S,A,P (Kasrem 061/SK) dan diikuti oleh 75 orang peserta. Kamis (20/5).

Adapun Tema yang di angkat pada kegiatan tersebut yaitu  " Mewujudkan Binter Yang Adaptif Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan diWilayah Pada Masa Pandemi Covid 19. Dan  dengan Para peserta yang terdiri dari
Danramil jajaran wilayah Korem 061/SK, Babinsa jajaran wilayah Korem 061/SK, dan juga kelompok Petani Binaan wilayah Korem 061/SK. ujernya.

Brigjen TNI Achmad Fauzi. Mengatakan pada awak media. Turut hadir dalam giat tersebut antara lain yaitu Kasiter Kasrem 061/SK
(Kol Kav Budiman Ciptadi ,S.A.P), Pasiwanmil Kasrem 061/SK (Mayor Inf Alamsyah ,Sag), serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bogor (Drs. Anas Rasmana.S.M.M) dan juga Pok Tani binaan wilayah Korem 061/SK.

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ketahanan Pangan Korem 061/Sk Triwulan II Tahun 2021 adalah guna meningkatkan ketahanan pangan dalam musim Pandemi Covid 19.

Pada kegiatan tersebut, Dalam amanatnya yang disampaikan oleh Kasrem 061/SK, Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. selaku Danrem 061/SK menyampaikan bahwa 
Kegiatan pencanangan ketahanan pangan tingkat Korem 061/Suryakancana 
Peningkatan produktifitas pertanian terutama komoditas Pangan merupakan strategi penting bagi Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan perubahan paradigma kebijakan Pembangunan Nasional di bidang pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional, mengingat Pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh Pemerintah dan Masyarakat, berbagai upaya telah diprogramkan dan dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta berbagai pihak dari Pok Pertanian namun akibat dampak perubahan iklim kondisi cuaca, keterbatasan lahan pertanian yang semakin sempit disertai dengan bencana alam menyebabkan terganggunya produktifitas pangan Nasional, terlebih lagi dengan adanya wabah covid-19 yang mengguncang negri Indonesia dan seluruh dunia kian menjadikan kesulitan tambahan dalam pembinaan ketahanan pangan. ungkapnya 

Tugas TNI sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang adalah Membantu Tugas Pemerintahan di Daerah melalui fungsi utama pembinaan teritorial penyelenggaraan upaya dan usaha membantu memenuhi pangan sebagai kebutuhan pokok masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintahan Daerah serta berbagai pihak Pok pertanian Untuk mencapai ketahanan pangan telah dilaksanakan diantaranya melalui kegiatan intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi maupun pelatihan sesuai dengan tema “Mewujudkan Binter Yang Adaptif Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan di Wilayah Pada Masa Pandemi Covid-19.
 Tujuan pembinaan ketahanan pangan adalah untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara. Katanya.

Oleh karena itu pembinaan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Korem 061/Surya kancana dalam rangka mendukung swasembada pangan Nasional perlu didukung oleh kita semua.
Saya percaya apabila semua itu dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh, serta diikuti oleh segenap  komponen bangsa lainnya, maka swasembada pangan yang pernah kita capai pada tahun 1985 dapat kembali terwujud dan kesulitan pangan rakyat Indonesia khususnya wilayah Korem 061/Suryakancana dapat teratasi." Ungkap Danrem dalam amanatnya.

" Untuk itu melalui kesempatan yang baik, saya selaku Komandan Korem 061/Suryakancana dan pribadi, mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Pok Tani yang telah membantu dan bekerja sama dalam mendukung program ketahanan pangan." pungkasnya. (Andy)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar