Rangkuman Daftar Wisata Lokal Inhil yang Bisa Untuk Dikunjungi


SIBERONE.COM - Kabupaten Inhil tidak hanya di kenal dengan nama Hamparan Kelapa Dunia atau dengan Seribu Parit (julukan Inhil) tetapi juga dengan expo wisata dengan nama Inhil Nanmolek. 

 

Wisata yang terletak di perbatasan provinsi kepulauan Riau ini, di bawah binaan Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Inhil yang di kepalai Junaidy, S.Sos., M.Si, kini mulai menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ..

 

Mulai dari wisata alam seperti hutan, pantai, bukit, air terjun, kemudian wisata kebudayaan seperti sampan leper, hingga wisata religi. Wisatawan bisa memilih tempat wisata yang menarik, dengan menikmati objek wisata alam terbaik, terbaru, serta kekinian.

 

Bagi masyarakat yang memiliki kegemaran dengan wisata alam, seperti waduk, air terjun, maupun pantai, Kabupaten Indragiri Hilir menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Untuk sekedar berlibur menghilangkan penat, ataupun untuk mendokumentasikan momen-momen yang tidak ingin Anda lupakan.

 

 

Berikut SIBERONE.COM merangkum beberapa wisata yang ada di kabupaten Indragiri Hilir. 

 

 

1. Air Terjun 86, 

Anda para penggemar wisata air terjun yang masih asri, ini dia air Terjun 86, air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Indragiri Hilir, karena Air terjun ini memiliki sudut kemiringan mendekati 90 derajat, dan tempat wisata ini terletak di desa Selensen Kecamatan Indragiri Hilir, Kabupaten Inhil. Air terjun yang bermuara di Sungai Nderlang ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter, suasana yang asri, air yang segar, dapat membantu anda membersihkan penat anda sejenak.

 

 

2. Tembulun Rusa 

Tidak kalah menarik dengan Air terjun 86 Kabupen Inhil, kali ini ada destinasi wisata Air Terjun Tembulun Rusa. Untuk Anda penggemar wisata air terjun, destinasi air terjun Tembulun Rusa merupakan salah satu pilihan wisata menarik berikutnya yang ada di Indragiri Hilir bisa anda kunjungi. Air terjun yang memiliki kedalaman hingga 1,5 meter dan ketinggian 10 meter ini memiliki beberapa keunikan tersendiri yang ada disekitarnya. Salah satu keunikan alam yang terdapat di air terjun ini adalah anak tangga alami yang berada disekitar air terjun Tembulun Rusa.

 

Air yang mengalir di air terjun Tembulun Rusa berasal dari sungai Ngibul dan bermuara di sungai Reteh. Air terjun ini memiliki sudut kemiringan sebesar 30 derajat, dan 1 kolam air alami untuk menampung aliran air dari atas. Lokasinya berada di Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu.

 

 

3. Pantai Solop 

Pantai solop yang berlokasi di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, selain memiliki khas pasir putih yang biasa disebut pasir seresah, pantai yang ada di selat Malaka ini juga banyak memiliki pohon mangrove yang bisa dilihat saat berkunjung ke sana.

 

Warna air laut yang berwarna kecoklatan, dan jajaran hutan mangrove yang dijuluki sebagai hutan bakau terindah yang ada di Indonesia, semua hal ini bukanlah buatan atau rekayasa manusia, melainkan semua hal ini hadir secara alami.

 

Untuk anda penggemar wisata pantai, cobalah untuk berkunjung ke pantai Solop. Pantai indah yang sangat mudah untuk diakses. 

 

4. Sungai 

Sungai Rukam, Anda penggemar wisata menyusuri sungai, maka Sungai Rukam menjadi tujuan yang menarik. Terletak di salah satu desa, kecamatan Enok, Indragiri Hilir, Riau. Sungai yang tenang dan berada dekat dengan pemukiman warga ini, dapat memanjakan diri anda sejenak sambil melihat aktifitas warga di daerah tersebut, sambil menikmati jajaran-jajaran tanaman yang ada. Seperti berbagai tumbuhan air dan lain-lain, kelokan dari sungai yang masih alami ini akan menambah suasana alam yang menyenangkan untuk liburan anda.

 

 

5. Telaga Mabloe (Danau Mabloe)

Bagi Anda yang suka dengan air yang hijau dan tenang, suasana yang hening, dan hamparan tanaman-tanaman yang ada disekitar ?, objek wisata yang dicari tersebut adanya di Telaga Mablu. Telaga yang terletak di desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir ini, memiliki suasana alam yang luar biasa asri dan tentunya masih alami. 

 

Pemerintah setempat juga berusaha menjaga tempat ini agar tidak dirusak, karena tempatnya yang masih asri, masih banyak terdapat hewan-hewan yang hidup di daerah telaga ini.

 

 6. Rawa Gambut 

Rawa Gambut Pulau Cawan, jika anda penggemar olahraga bersepeda, dan menyukai lintasan yang dapat memacu adrenalin, maka objek wisata yang satu ini merupakan wisata alam unik yang bisa di nikmati ketika sedang berkunjung ke daerah Indragiri Hilir, yaitu Pulau Cawan, Kecawan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir.

 

 

Disini anda dapat bersepeda menyusuri pinggiran rawa gambut, menyusuri hutan mangroove yang memiliki berbagai rintangan titian kayu, hingga anda perlu memacu sepeda anda untuk melewati lima buah sungai yang ada di pulau Cawan tersebut, dan lintasan tersebut akan diakhiri di area berpasir pantai Solop.

 

 

7. Bukit Berbunga 

Bukit Berbunga, untuk Anda yang hobi mendaki, namun tidak memiliki waktu yang lama untuk berlibur, maka Bukit Berbunga bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang dapat dikunjungi, karena bukit ini memiliki ketinggian 150 mdpl, cukup menantang untuk pendakian dan pastinya tidak perlu memakan waktu dan tenaga yang terlalu banyak.

 

 

Walaupun begitu medan yang perlu anda lalui untuk mencapai puncak pun tidak semudah yang dibayangkan, karena anda perlu menyusuri jalan setapak yang memiliki dua buah aliran sungai. Disepanjang jalan setapak yang akan anda susuri untuk mencapai puncak dari Bukit Berbunga Indragiri Hilir, Anda akan disuguhi hamparan bunga kantong semar yang memiliki wangi yang khas, selain wangi bunga ini juga memanjakan indra pengelihatan anda dengan beragam warna-warna yang indah. Untuk lokasinya berada di Batu Ampar, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir.

 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar