Pj Gubri Hadiri Business Matching 2024 Belanja Produk Dalam Negeri

Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), Ir SF Hariyanto menghadiri kegiatan Business Matching 2024 komitmen belanja produk dalam negeri

SIBERKONE.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), Ir SF Hariyanto menghadiri kegiatan Business Matching 2024 komitmen belanja produk dalam negeri yang diselenggarakan 4-7 Maret 2024 di Denpasar, Bali. Dalam kegiatan tersebut Pj Gubri, SF Hariyanto didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Riau, Taufik OH. 

Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasi atas komitmen semua pihak untuk mendorong aksi afirmasi belanja produk dalam negeri dalam rangka mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia. 

Namun ia mengingatkan agar kegiatan belanja produk dalam negeri ini jangan hanya menghabiskan anggaran saja. Akan tetapi, setiap anggaran yang dikeluarkan untuk belanja produk dalam negeri ini harus yang berkualitas dan efisien.

"Saya berharap kita semua jangan berpegang pada anggaran cepat habis, tapi kita juga membeli barang yang berkualitas dan efisien," ucap Luhut. 

Kemudian, Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku jika dalam kegiatan Business Matching 2024 ini tercatat realisasi penyerapan produk dalam negeri mencapai Rp213,68 triliun. Menurutnya angka tersebut berasal dari realisasi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sebesar Rp146,94 triliun, serta BUMN sebesar Rp66,74 triliun. 

"Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan capaian pada tahun lalu hanya mencapai Rp181 triliun. Jumlah ini masih akan terus bertambah dan diharapkan dapat mencapai Rp250 triliun di akhir triwulan I/2024,” sebut Agus. 

Untuk diketahui, kegiatan Business Matching 2024 tersebut diikuti oleh perwakilan kementerian lembaga, serta pemerintah daerah se-Indonesia yang dipusatkan di Denpasar, Bali.(adv)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar