Rutin Minum Air Putih, Cegah Dehidrasi Cuaca Panas Ekstrem

Ilustrasi air putih (sumber foto: theAsianparent)

SIBERONE.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) Rahmi Indrasuri SKM MKL menyebut air berperan penting dalam kehidupan, bahkan semua sistem organ bergantung padanya seperti darah, enzim, hormon, cairan plasma serta cairan sel.

Terlebih lagi kata Rahmi, saat ini cuaca panas ekstrim di Provinsi Riau dengan suhu udara 23 derajat sampai 35 derajat celcius. Tentunya bal ini sangat berdampak pada kesehatan.

Kurangnya kadar air dalam tubuh menjadi ancaman dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh. Pada kenyataannya, dehidrasi tak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa, namun juga oleh bayi, anak-anak, hingga orang tua.

Untuk itu, Rahmi mengingatkan masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan tubuh ditengah cuaca panas.

"Belakangan ini cuaca sangat panas dan membuat tidak nyaman saat harus beraktivitas di luar ruangan. Sengatan sinar matahari secara langsung bisa berdampak pada kesehatan," ucap Rahmi.

"Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memperbanyak minum air putih. Ini bertujuan agar tubuh tidak dehidrasi. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih 8 gelas sehari. Agar tubuh tetap segar dan nyaman saat cuaca panas ekstrem," lanjut Rahmi.

Selain itu, untuk melindungi kulit agar tidak terbakar oleh panasnya sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan dianjurkan untuk memakai sun screen minimal SPF 30 dan hindari minuman manis dan berkafein agar tubuh tetap merasa nyaman.
 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar