Dinkes dan Perwatusi Inhil Laksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmani Methode Rockport

Foto bersama setelah melaksanakan kegiatan Pengukuran Kebugaran Jasmani (Metode Rockport) Tahun 2023, Minggu (20/08/2023) (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan kegiatan Pengukuran Kebugaran Jasmani (Metode Rockport) Tahun 2023, Minggu (20/08/2023). 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil Rahmi Indrasuri, SKM, M. KL melalui Sub Koordinator Kesehatan Lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga Leni Rosita, SKM mengatakan kegiatan kali ini dilaksanakan dengan sasaran Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Kabupaten Indragiri Hilir yang merupakan kelompok olahraga masyarakat, dengan jumlah peserta yaitu 30 orang.

"Rockport ini juga bisa dilakukan pada ASN, anak sekolah, kelompok olahraga atau kelompok masyarakat," ujarnya

Diketahui pula Rockport  yaitu lari kecil, metode ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain. Mudah dilakukan, tidak memerlukan alat khusus, aman bagi orang dengan resiko penyakit, dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok serta dilakukan sesuai dengan kemampuan.

Waktu pelaksanaan rockport minimal / 3 bulan sekali, dan di harapkan dapat di lakukan secara mandiri oleh setiap anggota, baik di rumah atau dimana pun berada

Tujuan dari rockport adalah untuk mengetahui kebugaran kesehatan seseorang, dimana tingkat kebugaran ini di pengaruhi juga oleh indeks massa tubuh (IMT) atau status gizi seseorang seeprti overweight, obesitas, gemuk, normal, kurus, kurus sekali. Jika hasil rockport belum baik maka perlu perbaikan pola olahraga, pola makan dan pola istirahat.

Rockport juga bertujuan agar semua peserta memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, dengan kesehatan jasmani yang bagus seseorang bisa menimbang kemampuan fisiknya dalam menjalani kesibukan sehari-hari, semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya.

"Setelah mendapatkan hasil dari pengukuran kebugaran jasmani metode Rockport ini yaitu dengan ketentuan apakah bugar dan tidak bugar, apabila tidak bugar nanti nya akan diberi rekomendasi seperti harus melakukan latihan fisik 1 minggu 2 kali, yang mana hasil rekomendasi inilah yang akan kami sampaikan pada ketua PERWATUSI (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) untuk dilakukan pembinaan kepada peserta yang tidak bugar menjadi bugar nanti nya," tukasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar