Wakil Bupati Inhil Resmi Buka Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

Wakil Bupati Inhil, H. Syamsuddin Uti saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Bimtek Masterplan Smart City di Aula Bapedda Inhil, Selasa (4/7/23). (sumber foto: Prokopim Setda Inhil)

SIBERONE.COM - Sebagai salah satu 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang difasilitasi langsung oleh Kementrian Kominfo RI dalam penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City), Wakil Bupati Inhil H.Syamsuddin Uti membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Masterplan di Aula Bappeda, Selasa (4/7/2023).

Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) yang disejalankan dengan Quick win program Unggulan Tahap I ini turut dihadiri, Pimpinan OPD, Camat dan lurah se-Kabupaten Indragiri Hilir yang juga hadir secara Virtual.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini menghadirkan 2 orang Narasumber dari Universitas Gajah Mada dan 1 orang dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI.

Wabup H.Syamsuddin Uti dalam arahannya saat membuka Bimtek mengatakan, Pembangunan berbasis smart city pada pemerintahan daerah merupakan sebuah strategi yang komprehensif, inklusif, efektif dan efisien. Terobosan baru dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang semakin berkembang dan kompleks.

"Konsep pembangunan smart city sendiri merupakan pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing serta selalu meluncurkan inovasi agar masyarakat lebih aman, nyaman, mudah, sehat dan makmur. Tentu saja didukung oleh kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi sehingga dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan efisiensi," ucap Samsuddin Uti.

Dia menambahkan, Agar program smart city sesuai dengan yang diharapkan, perlu peningkatan keterampilan dan profesionalitas pegawai yang ditugasi dalam menangani smart city khususnya di lingkungan pemerintah daerah kabupaten indragiri hilir.

"Selain itu, smart city tidak hanya selalu soal penggunaan teknologi atau pembangunan fisik semata, yang lebih penting adalah bagaimana dapat membangun pola pikir, sikap dan karakter masyarakat yang lebih baik," sebutnya.

Terakhir Wabup Inhil berharap konsep Smart City mampu mewujudkan tujuan-tujuan Kabupaten Indragiri Hilir.

"Dengan kehadiran konsep smart city sangat tepat untuk membantu mewujudkan tujuan kabupaten indragiri hilir sebagai mana yang tertuang dalam visi dan misi kabupaten indragiri hilir," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar