Bulan Kesadaran Hernia, Kadinkes Inhil: Jika Ada Keluhan Segera Periksakan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri SKM MKL (sumber foto: Dinkes Inhil)

SIBERONE.COM - Hernia adalah benjolan yang muncul akibat keluarnya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah. Jika dibiarkan tidak tertangani, hernia bisa terjepit sehingga aliran darahnya tersumbat lalu menimbulkan kematian jaringan.

Memperingati bulan kesadaran hernia, Kadinkes Inhil menjelaskan terkait penyakit hernia. Ia mengatakan hernia merupakan kondisi suatu tonjolan dari suatu organ atau jaringan melalui bukaan abnormal.
Hernia biasanya melibatkan perut atau usus.

"Gejala biasanya termasuk tonjolan, bengkak, atau sakit. Namun dalam beberapa kasus, tidak ada gejala," ucap Rahmi.

Rahmi mengatakan pihaknya terus melakukan penyuluhan-penyuluhan dan edukasi melalui tenaga medis puskesmas di wilayah kerjanya masing-masing.

"Terkait hernia ini juga menjadi imbauan  kita. Waspada dengan penyakit hernia yang bisa muncul salah satunya yang disebabkan oleh pola makan, kebiasaan atau life style dari masyarakat kita sendiri, melemahnya dinding otot atau jaringan ikat di sekitar organ dalam tubuh yang juga dipengaruhi oleh pertambahan umur," jelas Rahmi.

"Di bulan kesadaran hernia ini kita tetap melakukan imbauan dan peringatan ke masyarakat tetap menjaga kesehatan jika ada keluhan terhadap diri untuk dapat segera melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan kita, baik Pustu, Puskesmas, Rumah sakit dan klinik," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar