Ketua TPPS Inhil Ajak Seluruh OPD Terkait untuk Capai target Penurunan Stunting secara Nasional Pada 2024 Mendatang


SIBERONE.COM - Wakil Bupati H.Syamsuddin Uti yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Inhil ajak seluruh OPD dan seluruh pihak terkait untuk mencapai target penurunan Stunting secara nasional, demikian dikatakan beliau saat membuka rapat forum koordinasi percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Indragiri Hilir TH 2023, di Aula Bappeda Kamis (11/5/2023). 

Rakoor yang dihadiri Kepala Dina Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP2KBP3A) Drs.Sirajuddin, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasiona (BKKBN) Provinsi Riau yang diwakili Dra.Sri Wahyuni, Bappeda, Kemenag Inhil, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan serta seluruh Ketua TPPS Kecamatan, 

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan forum koordinasi percepatan penurunan stunting di Inhil tahun 2023 ini adalah; Untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi seluruh perangkat daerah dan Kecamatan dalam rangka menurunkan dalam penyelesaian Prevalensi stunting di Kabupaten Indragiri Hilir. 

 

Selanjutnya menyamakan persepsi dan mengimplementasikan program kegiatan atau Rencana kerja yang sudah disusun bersama serta mengintegrasikan program-program perangkat daerah. Terakhir dalam rangka penurunan angka saat ini.

 

Rapat Forum koordinasi percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan selama 1 hari di Aula Bappeda dengan peserta anggota tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Indragiri Hilir, Ketua TPPS Kecamatan se Kabupaten Indragiri.

Sedangkan narasumber dalam pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Bappeda Kabupaten Inhil dan dari DP3KBP2A

Sesuai dengan arahan Kepala BKKBN Riau yang disampaikan Ibu Dra. Sri Wayhuni bahwa prevalensi stanting Indonesia berdasarkan data dari SSGI Tahun 2022 adalah diangkat 21,3% dan ditargetkan bisa diturunkan menjadi 14% di tahun 2024 sedangkan prevalensi Provinsi Riau pada Tahun 2022 berdasarkan SSGI berada di angka 17%. Untuk menuju tahun 2024 yang hanya tersisa 1 tahun 5 bulan lagi kita harus bisa menurunkan minimal 3% supaya bisa memenuhi target pencapaian nasional yaitu di angka 14% pada tahun 2024 maka untuk itu diperlukan kerja keras seluruh lintas dari seluruh tim percepatan penurunan stunting Provinsi Riau Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa atau Kelurahan. 

Sementara itu, Ketua TPPS Inhil yang juga sebagai Wabup H.Syamsuddin Uti pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kita sebagai ketua TPPS di Inhil akan bekerja maksimal mengajak seluruh OPD terkait untuk mencapai target penurunan stunting secara nasional pada tahun 2024.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar