Peringatan PID, Kepala Dinkes Inhil Ajak Masyarakat Imunisasi Cegah Penyakit Menular

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rahmi Indrasuri, S. KM, M. Kl,. (sumber foto: Rahmi Indrasuri)

SIBERONE.COM - Peringatan Pekan Imunisasi Dunia (PID) 2023, dapat menjadi momentum untuk mengingatkan serta mengajak semua orang untuk diimunisasi. Dimana pemberian imunitas bagi tubuh sangat berperan penting agar kita tetap sehat dan tetap produktif.

Pekan Imunisasi Dunia diperingati pada minggu keempat bulan April setiap tahunnya. Pada peringatan kali ini, PID mengangkat tema “Ayo lindungi diri, keluarga dan masyarakat dengan imunisasi lengkap”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rahmi Indrasuri, S. KM, M. Kl,.menyampaikan bahwa Imunisasi merupakan salah satu kisah sukses kesehatan dan pembangunan global dalam upaya menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahun.

"Pekan imunisasi dunia adalah momentum pentingnya imunisasi diberikan kepada anak bayi, Balita (Bawah Lima Tahun) dan usia produktif lainnya. Imunisasi adalah cara untuk mencegah penularan penyakit melakui pemberian kekebalan pada tubuh manusia," ucap Rahmi, Rabu (26/04/2023).

Rahmi menyebut Imunisasi menjadi komponen kunci dari perawatan kesehatan primer dan hak asasi manusia yang tidak terbantahkan, serta salah satu investasi kesehatan terbaik yang efektif.

"Maka sangat penting imunisasi diberikan agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia.
Imunisasi bisa didapatkan di setiap layanan kesehatan yang ada seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Posyandu," jelas Rahmi.

Terakhir Rahmi mengimbau kepada masyarakat agar harus betul-betul memahami bahwa hanya dengan Imunisasi Rutin Lengkap (IRL), anak-anak dan seluruh masyarakat akan terlindungi secara optimal.

"Untuk itu kepada masyarakat agar tetap memberikan imunisasi kepada bayi, balita dan anaknya ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang terdekat mari sehat dengan imunisasi," pungkas Rahmi.

 

Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar