Empat Inovasi Puskesmas Tembilahan Hulu akan Diangkat di Tahun 2023 Ini

Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu Hj. Rosdinah SSt, M. Kes, sumber foto Internet.

SIBERONE.COM - Tahun ini ada beberapa Program Inovasi unggulan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tembilahan Hulu yang akan diangkat menjadi Inovasi Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir - Riau.

Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu Hj Rosdinah, SSt, M. Kes, mengatakan, bahwa pihaknya memiliki 10 program Inovasi, dan di tahun sebelumnya, 1 dari 10 Inovasi yang dibentuk sudah diangkat ke tingkat nasional yakni Kelapa Pendan Wangi. Dan tahun 2023 ini ada beberapa yang akan diangkat menjadi inovasi Kabupaten diantaranya.

1. KUINI SEGAR (Kelompok Usia Dini Sehat Edukatif Bergerak Aktif dan Kreatif) sasarannya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bertujuan melakukan deteksi dini untuk mencegah penyimpangan tumbuh kembang pada anak.

"Jadi kita deteksi dari awal sehingga tidak terjadi stunting dan penyakit lainnya," kata Rosdina kepada wartawan belum lama ini.

Selanjutnya yang ke dua adalah KOPIKO (Kantong Pengingat Kontrol Obat) yang bertujuan sebagai alat bantu Pengingat kontrol obat pada pasien Tuberculosis, Diabetes Melitus, Hipertensi dan Jiwa.

"Kenapa kami buat ini ? Karena banyak pasien - pasien yang hipertensi, TBC, diabetes, dan jiwa. Biasanya Pasien ini kalau sudah minum obat di bulan pertama merasa badan enak dia tak mau lagi kontrol, sebetulnya inikan harus rutin makan obat, jadi makanya kami membuat satu kantong di ruangan itu namanya kantong KOPIKO pengingat kontrol obat yang bertujuan sebagai alat bantu petugas untuk mengingat pasien agar kontrol datang ke Puskesmas untuk makan obat secara rutin," sebutnya.

Kemudian, yang ke tiga kata Hj Rosdinah, Akupresure Pasca Salin, yang bertujuan untuk  mengurangi nyeri pada ibu pasca bersalin dan memotivasi masyarakat untuk bersalin di fasyakes.

Terakhir, yang ke empat adalah, Pesan Sehat (Pesantren Screning Kesehatan Terpadu) yang bertujuan untuk medeteksi masalah kesehatan pada santri dan pengasuh santri.

"Pesan Sehat ini Pesantren screening kesehatan terpadu maksudnya di sini kami secara rutin setiap bulannya turun ke semua pesantren yang ada di wilayah Tembilahan Hulu dengan memberikan pelayanan screning kesehatan sampai ke pemeriksaan gigi dan mulut, ini sudah kami lakukan turun ke pesantren sejak tahun 2016," ungkapnya.

Itulah tadi beberapa inovasi dari Puskesmas Tembilahan Hulu yang akan diangkat menjadi inovasi Kesehatan di Kabupaten tahun 2023 ini.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar