DP2KBP3A Inhil Ajak Orang Tua Intensif Jalin Komunikasi dengan Anak

Sekretaris DP2KBP3A Inhil Faturrahman (sumber foto: Riauin.com)

SIBERONE.COM - Di zaman moderenisasi saat ini Hendphone (HP) adalah salah satu teknologi yang banyak dibutuhkan hampir di seluruh kalangan tidak terkecuali anak-anak, sehingga mengakibatkan  renggangnya kedekatan antara anak dan orang tua. 

Menanggapi persoalan ini Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Indragiri Hilir (DP2KBP3A Inhil), R. Ardiansyah melalui Sekretaris DP2KBP3A Inhil Faturrahman menyebut bahwa, peran orang tua harus bisa memberikan waktu luang untuk berkomunikasi dan menjalin kedekatan dengan anak.

"Salah satunya cara kita mengalihkan perhatian anak terhadap Hendphone, kita harus menjalani komunikasi yang baik dengan anak dan memberikan berbagai kegiatan yang positif," ungkapnya.

Lanjut Faturrahman menjelaskan terkait persoalan ini tidak bisa hanya satu pihak saja yang menanganinya harus berkolaborasi dengan semua pihak pemerintah maupun orang tua.

"Jika orang tua terlalu keras dalam menegur dan melarang anak bisa menjadi kekerasan fisik maupun non fisik, ini juga berdampak negatif pada anak, untuk itu kita sebagai orang tua harus lebih Intelektual dalam melakukan pendekatan yang lebih halus tentunya," kata Faturrahman.

Saat ini pemerintah juga terus berinovasi mencari jalan keluar dari permasalahan ini, seperti diadakannya program magrib mengaji.

"Pemerintah Daerah telah membuat program magrib mengaji tapi itu juga harus didukung masyarakat dan orang tua, mudah-mudahan dengan program tersebut dapat mengurangi intensitas anak terhadap Hendphone sehingga kewajiban dan hak anak berjalan dengan baik," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar