Dinkes Inhil Laksanakan Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah

Foto bersama Dinas Kesehatan Inhil setelah Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah di Labkesda Dinkes Inhil, Rabu (9/11/2022). (sumber foto: Dokumen Dinkes Inhil)

 

 

SIBERONE.COM - Laboratorium kesehatan adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada Kesehatan perorangan dan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kabupaten Indragiri Hilir Rahmi Indrasuri, SKM, M.KI yang diwakili Sekretaris Dinkes Inhil Wanhar saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) akreditasi laboratorium kesehatan daerah, Rabu (9/11/2022).

"Oleh karena itu diperlukan laboratorium Kesehatan yang bermutu.
Akreditasi laboratorium kesehatan adalah suatu pengakuan formal oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kepada Laboratorium Kesehatan yang telah memenuhi standar yang ditentukan, sehingga mutu pelayanannya dapat dipertanggung jawabkan," ungkap Sekretaris Dinkes Inhil Wanhar membacakan sambutan Kadinkes Inhil Rahmi Indrasuri.

Kegiatan Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan yang sesuai standar dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini.

"Dengan adanya Bimtek ini diharapkan karyawan dan karyawati Labkesda Kabupaten Inhil dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai akreditasi laboratorium, untuk itu agar semua peserta yang hadir dalam pembinaan ini dapat bekerjasama, berupaya dan ikut terlibat dalam proses pelaksanaan Akreditasi Labkesda, sehingga diharapkan akan memperoleh hasil yang maksimal," tuturnya.

Kadinkes Inhil berharap status akreditasi yang diperoleh suatu laboratorium kesehatan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pelayanan yang aman serta pemasaran pelayanan laboratorium tersebut kepada masyarakat atau pengguna jasa laboratorium.

"Semoga peserta dapat berpartisipasi aktif dalam pertemuan ini sehingga dapat membawa hasil peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan yang bermutu sesuai standar yang ada," pungkasnya.

Bimtek yang diagendakan berjalan selama dua hari, yakni Rabu 09 hingga 10 November 2022 ini berlangsung di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Jalan M. Boya Tembilahan. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar