Disdik Bandung Barat Gelar Rapat Koordinasi Renstra 2021-2023


SIBERONE.COM – Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat (Disdik KBB) menggelar Rapat Koordinasi Perubahan Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2021-2023. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Disdik KBB tersebut, diikuti oleh unsur Dinas Pendidikan serta Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kab. Bandung Barat dilaksanakan di Ruang Rapat Disdik, Rabu, (3/1/21).

Sekretaris Dinas Pendidikan KBB, Mamun Hidayat, memaparkan tentang sejumlah perubahan strategis yang akan dilakukan pihaknya, Menurutnya, hal ini perlu disikapi oleh semua pihak, megingat terdapat beberapa isu yang berkembang di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Terdapat sejumlahkajian yang harus disikapi semua pihak. Sehingga hal ini diperlukan perubahan rencana strtaegis sebagai upaya untuk menyempurnakannya,” ungkapnya.

Disampaikannya bahwa isu strategis yang ada saat ini, yakni masih kurangnya fasilitas pendidikan yang berkualitas baik dan merata di semua kecamatan. Kemudian, masih kurangnya kesadaran pada sebagaian masyarakat akan pentingnya meraih pendidikan tinggi.

Selanjutnya adalah masih kurangnya akses terhadap fasilitas pendidikan bagi masyarakat miskin, dan belum seimbangnya perkembangan antara sistem pendidikan formal, nonformal, dan informal. Selain itu, juga dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

Lebih jauh disampaikan bahwa pihaknya mengambil sejumlah langkah kebijakan, yakni peningkatan kualitas paparatur, peningkatan kualitas guru, pengawasan penerapan kurikulum, dan penguatan kelembagaan penyelenggaraan paket A/B/C.

Selain di atas, juga Disdik KBB akan memastikan ketersediaan tenaga pengajar, perbaikan kualitas dan kuatitas sarana dan prasarana, penguatan manajemen pendidikan. Termasuk juga penyediaan dan perbaikan fasilitas penunjang pendidikan, serta penguatan kurikulum darurat pada satuan pendidikan.

Ditekankan oleh Mamun Hidayat bahwa pihaknya juga mengambil sejumlah strategi, yakni: Meningkatkan kapasitas aparatur daerah melalui himbauan untuk mengikuti Bimbingan Teknis, Pendidikan dan Pelatihan, dalam rangka meningkatkan kompetensi serta kapabilitas. Selanjutnya, mengoptimalkan seluruh sumber daya dan teknologi informasi. Kemudian, peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, termasuk juga penyesuasian anggaran.

Selain hal tersebut, juga pihaknya akan meningkatkan kualitas dan kompetensi aparatur daerah dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan, dan penerapan pelayanan pendidikanyang transparan, cepat, tepat dan akurat,

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan KBB akan melakukan koordinasi lintas PD yang terkait, juga akan melaksanakan sosialisasi pemahaman terkait pentingnya pendidikan dengan bekerja sama dengan perangkat daerah terkait. Kemudian, meningkatkan aksesibilitas, sumber daya, dan pembiayaan pelaksanaan pendidikan kesetaraan, selain juga mengembangkan model pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sementara itu, Kepala Bidang Kurikulum dan Bahasa Disdik KBB, Dadang A. Sapardan, mengungkapkan bahwa kegiatan di atas sangat penting dilaksanakan dalam upaya mengkaji Renstra Disdik Tahun 2021-2023, dan merupakan bagian dari upaya lebih menyempurnakannya,

“Melalui kegiatan yang dilaksanakan diharapkan ditemukan beberapa catatan yang bisa dijadikan dasar perbaikan program pada Disdik KBB. Sehingga program-program yang diimplementasikan benar-benar efektif untuk mencapai tujuan yang ditetapkan,” pungkasnya,***

( Liesna Ega. dasarss.Jabar)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar