Pastikan Wilayah Binaan Aman Karhutla, Sertu Syamsir Giat Patroli dan Sosialisasi Bersama Warga

Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil Sertu Syamsir melaksanakan patroli karhutla di wilayah sungai Lokan, Kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Selasa (11/10/2022) pagi. (sumber foto: Batituud Koramil 02/TM)

 

 

SIBERONE.COM - Untuk memastikan wilayah binaannya tetap aman tanpa adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil Sertu Syamsir melaksanakan patroli.


Kegiatan patroli Karhutla tersebut dilaksanakan Babinsa Koramil 02/Tanah Merah di wilayah sungai Lokan, Kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Selasa (11/10/2022) pagi.


Saat dikonfirmasi awak media Sertu Syamsir mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin.  Sehingga tidak terjadi kebakaran lahan masyarakat yang ada di wilayah binaan.


"Iya hari ini saya bersama masyarakat melaksanakan kegiatan patroli rutin di wilayah binaan, tujuan yang kita laksanakan adalah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan masyarakat," ujarnya.


Namun menurut Babinsa, kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin tetapi tanpa adanya sosialisasi, itu sama sekali tidak membuat masyarakat paham, tentang bahaya membakar lahan-lahan baru.

Banyak masyarakat tidak begitu paham, karena kenapa Karhutla masih terjadi di wilayah-wilayah yang ada di kabupaten Indragiri Hilir maupun provinsi Riau.


"Jadi dengan patroli kita juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat, tentang bahaya membakar lahan pertanian dan membuka lahan baru. Karena itu dapat menimbulkan dampak yang begitu negatif. Seperti kabut asap dan juga menganggu saluran pernapasan," jelasnya.


"Karena jelas undangan-undangan sudah mengatur, larangan membakar dapat dipidanakan, jadi siapa yang rugi, kita juga, nah dari pada itu maksud kita patroli dan sosialisasi sangat jelas, karena kita tidak mau masyarakat binaan saya terjerat hukum karena hal yang seperti ini," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar