Sertu P Siregar Babinsa Koramil 02/TM, Berikan Himbauan Stop Karhutla kepada Masyarakat

Sertu P Siregar melaksanakan kegiatan patroli antisipasi dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kelurahan Kuala Enok, Kamis (6/10/2022). (sumber foto: Batituud Koramil 02/TM)

 

 


SIBERONE.COM - Personil Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil. Sertu P Siregar melaksanakan kegiatan patroli antisipasi dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kelurahan Kuala Enok, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (6/10/2022) pagi.

 

Saat dikonfirmasi awak media Sertu P Siregar juga mengungkapkan bahwa dengan rutin melaksanakan kegiatan patroli Karhutla, sehingga dapat mencegah dini terjadinya kebakaran lahan masyarakat yang sengaja dibakar untuk membuka lahan pertanian.


"Lebih baik kita cegah dini Karhutla, dari pada nantinya dapat menimbulkan bencana kabut asap, dan sangat menggangu saluran pernapasan untuk masyarakat di sini," jelas Babinsa pada siaran persnya.


Kendati demikian, dalam melaksanakan Sertu P Siregar juga saat menemukan warga dalam rute patroli, mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan saat membuka lahan-lahan pertanian.


"Ya saat jumpa siapa saja pemilik kebun, maupun orang lewat saja, kita berikan sosialisasi kepada mereka. Apabila membuka lahan pertanian sangat dilarang dilakukan dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan bencana kabut asap," jelasnya.


Selain dapat menimbulkan bencana kabut asap, menurut Sertu P Siregar Karhutla juga dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun pemilik kebun lainnya.


"Iya kalau sudah merembet ke lahan-lahan pertanian masyarakat lainnya, jadi dapat merugikan orang lain, jadi sangat perlu diperhatikan betul-betul lah dan selalu diingat bahwa membuka lahan dengan cara membakar itu sangat tidak dibenarkan," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar