Tingkatkan Kemampuan Guru, SMPN 10 Pekanbaru Gelar Pelatihan IKM

SMPN 10 Pekanbaru menggelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).(foto siberone.com)

 

SIBERONE.COM - Menghadapi perubahan kurikulum era merdeka belajar, SMPN 10 Pekanbaru menggelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Pelatihan yang diikuti 50 orang guru itu bekerjasama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Riau.

Kepala SMPN 10 Pekanbaru, Hj Wijayanti Sri Utari SPd MSi menjelaskan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan guru selaku tenaga pengajar tentang Kurikulum Merdeka. Ada sejumlah materi yang diberikan kepada guru, mulai dari Kurikulum Merdeka Belajar, Platform Mengajar, Perangkat Mengajar, Modul Ajar, Penggunaan Aplikasi Digital, Belajar.Ide dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

"Pelatihan ini difokuskan tentang Capaian Pembelajaran dan Penilaian. Sehingga keraguan yang ada selama ini, dengan dilaksanakannya pelatihan ini menjadi jelas," ujar Wijayanti.

Diakui Wijayanti, guna meningkatkan kualitas siswa dan prestasi sekolah, maka sekolah terlebih harus membekali SDM guru. Guru selaku pendidik harus mampu berinovasi dalam mengembangkan kurikulum baru ini, yaitu mampu membuat kurikulum satuan pendidikan yang berpihak kepada perserta didik. Serta mampu mewujudkan di dalamnya kurikulum yang berkarakter profil pelajar pancasila.

“Kalau SDM guru tidak ditingkatkan, bagaimana kualitas siswa mau meningkat. Maka dari itu guru harus dapat pelatihan. Sehingga, peran guru dalam mengajar siswa bisa lebih baik melalui berbagai metode ajar yang terbaru dan lebih inovatif," ungkapnya.

Wijayanti berharap semua guru lebih inovatif, kreatif dalam menyampaikan pelajaran terhadap siswa dan serta dapat mengali pengetahuan dan kemampuan untuk merubah karakter ke arah lebih baik.

"Diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) SMPN 10 Pekanbaru mampu untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik. Sehingga tercipta well-being student, dimana pelajar dapat mencapai kebahagiaan, berfikir positif, serta memiliki emosi positif." tutur Wijayanti.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar