Di HUT RI ke- 77, Babinsa Koramil 06/KTM Terus Gencar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Di hari HUT Republik Indonesia yang ke-77, Babinsa Koramil 06/Kateman terus menerus melakukan kegiatan meskipun Hari libur tidak menyurutkan semangat Anggota Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan patroli rutin mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa binaan.


Kegiatan patroli Karhutla dipimpin oleh Praka Raja Sihotang bersama dua orang warga binaan desa Tunggal Rahayu Jaya, kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (17/8/2022) pagi.


"Hari ini kami menyasar kebun-kebun masyarakat untuk memastikan bersama wilayah binaan tidak ada ditemukan titik hotspot," ujarnya.

 

Praka Raja Oloan Sihotang juga mengungkapkan bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar bisa langsung memantau di titik rawan sering terjadinya kebakaran.


"Iya kita turun langsung ke daerah yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat, dan memastikan tidak ada karhutla di sana," ungkapnya.


Selain itu Praka Raja Sihotang juga saat menemukan warga dalam pelaksanaan patroli Karhutla tersebut memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan membakar.


"Saat kita menemukan warga di jalur patroli Karhutla, kita selalu memberikan pemahaman kepada warga agar tidak melakukan membakar, takutnya menjadi kebakaran besar nantinya," jelasnya.


Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah sudah memberikan himbauan kepada masyarakat larangan keras dan dapat dipidanakan apabila ketahuan masyarakat dengan sengaja membuka lahan dengan cara membakar.


"Itu juga kita sampaikan ke warga-warga di setiap kesempatan mengenai larangan membakar, supaya masyarakat terhindar dari jeratan hukum," tandasnya.


Terakhir dikatakan Praka Raja Sihotang dalam pelaksanaan kegiatan patroli Karhutla di Wilayah desa Tunggal Rahayu Jaya kecamatan Teluk Belengkong. Tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.


"Desa kita aman dari karhutla mudah-mudahan dengan kegiatan yang kami rutinitaskan sehari-hari patroli dan sosialisasi Karhutla. Dengan itu masyarakat paham dan tau aturan, sehingga tidak ada kebakaran hutan dan lahan di sini," tutupnya.

 

Sumber Batituud Koramil 06/KTM.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar