Tingkatkan Kemampuan Harkamtibmas, Bhabinkamtibmas Polres Tabanan Diberikan Latihan

Latihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas dalam melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara terhadap benda yang mencurigakan dan pengenalan bahan peledak (sumber foto: Humas Polres Tabanan)

 

 

SIBERONE - COM - Untuk meningkatkan kemampuan skill dari para Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa wilayah hukum Polres Tabanan. Pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas se-Polres Tabanan. Kamis, (21/07/2022) Pagi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung Mandala Mathika Balai subak Sanggulan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dari awal memasuki areal pelatihan para peserta disiapkan tempat mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya.

Pelaksanaan kegiatan dibuka oleh Wakapolres Tabanan didampingi Kasat Binmas Polres Tabanan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Tim Direktorat Binmas Polda Bali dan Brimobda Bali serta dari tim dari ecoenzym dipimpin oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas AKBP Nandang Irwanto, S.H. dengan anggota ,AKBP I Ketut Sukada, S.H., Dan Tim Ecoenzym Bali  Ir. K.Rawi Adnyani.,  Kegiatan diikuti oleh 155 orang dari Perwira Binmas dan Bhabinkamtibmas serta Kasat Binmas Polres Tabanan AKP I Nengah Widia S.H., M.H., 

Pada kesempatan tersebut Seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., Wakapolres Tabanan  Kompol Doddy Monza, S.I.K., M.Si., M.I.K., menyambut kedatangan Kasubdit Bhabinkamtibmas bersama Tim.

"Kami sampaikan selamat datang di Tabanan dan terimakasih kepada  Kasubdit Bhabinkamtibmas bersama Tim atas berkenanya memberikan pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas, baik di bidang Harkamtibmas maupun penambahan skill penanganan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku. Kepada para Bhabinkamtibmas agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh sungguh sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat pada Desa binaannya," kata Wakapolres Tabanan.

Dalam pelatihan peningkatan kemampuan tersebut materi yang disajikan adalah tentang teori dan pengenalan terkait dengan penanganan barang-barang mencurigakan berupa handak yang ditemukan, bagaimana proses pelaporan dan penanganannya Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak bidang harkamtibmas wajib mengetahui dan memahaminya.

Selain hal tersebut Bhabinkamtibmas se-Polres Tabanan juga dibekali dengan bagaimana Harkamtibmas Polsek (tidak melakukan penyidikan),  Selaku Bhabinkamtibmas agar memiliki kemampuan teknis dasar pelaksaan tugas bhabinkamtibmas. Seperti teknis berkomunikasi dengan masyarakat, agar penyampaiannya mudah diterima dan dilaksanakan oleh masyarakat.

Disampaikan Teknis penanganan terhadap krama tamiu dan mekanisme teknik menyertakan pendapatan untuk pembangunan di Desa Adat. Kriteria-kriteria yang diklasifikasikan sebagai Polsek Harkamtibmas (tidak melakukan penyidikan), dan penyampaian Polsek di Bali yang dikwalifikasikan Polsek Harkamtibmas.

Sedangkan Ir. K.Rawi Adnyani, Tim Ecoenzym menyampaikan tentang pola hidup sehat serta pola menyumbang oksigen kebumi.

"Pola hidup sehat serta pola menyumbang oksigen kebumi agar bumi kembali sehat. Termasuk juga menggunakan buah atau sayuran untuk menghilangkan lemak-lemak didalam tubuh manusia. Demikian juga untuk lemak-lemak yang melekat pada  perabot rumah tangga, termasuk juga untuk mengobati luka-luka luar pada tubuh manusia, serta untuk kecantikan. 
Eko enzin untuk PMK, digunakan ecoenzym. Troase, bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik, untuk cepat memulihkan stamina hewan ternak yang diduga telah terjangkit PMK," ucap Ir. K.Rawi Adnyani.

Sebagai tambahan pengetahuan para bhabinkamtibmas mendapatkan peragaan praktek tatacara pembuatan ecoenzym yang memerlukan proses permentasi.

 


Wartawan: Agus romadhon


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar