Antisipasi Banjir, Pemdes Begawat Ajak Warganya Jaga Kebersihan Lingkungan


SIBERONE.COM - Menghadapi musim penghujan yang terjadi sekarang ini, khususnya di daerah pegununganan di Kabupaten Tegal Jawa Tengah yang rawan akan banjir akibat intesitas hujan tinggi akhir-akhir ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Desa Begawat, Kecamatan Bumijawa mengajak warganya akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama membersihkan sampah-sampah yang ada di selokan-selokan agar aliran air bisa lancar. Hal itu, dikatakan Sekertaris Desa Begawat, Abdul Ghufron saat di temui diruang kerjanya, Selasa (26/1/2021) pagi.

Menurut Gufron, Dampak hujan yang terjadi Selasa (12/1/2011) bebrapa waktu lalu mengakibatkan akses jalan di Dukuh Bulu jalan tembus ke Dukuh Krajan terputus dan hanya dapat dilalui kendaraan roda dua saja," katanya.

Namun kejadian tersebut dapat di antisipasi oleh Pemdes setempat bersama warga secara bergotong-royong membuka akses jalan dengan cara melakukan pengurugan terhadap jalan yang berlubang juga membuka aliran air dengan membuat lubang-lubang aliran sehingga air yang menggenangi jalan bisa mengalir ke saluran. Bukan itu saja, warga juga ikut membantu penguna jalan roda empat yang melintas di jalan tersebut agar bisa melaluinya.

Lebih lanjut, Gufron mengajak warganya untuk tanggap dan peduli dengan cara melaksanakan kerja bakti di lingkungannya masing-masing guna mencegah terjadinya banjir. Selain itu warga diminta secara gotong-rotong membersihkan lokasi jalan tersebut akibat terendam banjir agar jalan dapat kembali normal dan bisa dilalui oleh semua pengguna jalan," pungkas Sekdes Begawat Abdul Gufron. (HS/David)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar