Sertu Jonni Pasaribu Babinsa Koramil 06/KTM Giat Komsos dengan Warga Berikan Himbauan Stop Karhutla

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran untuk menghindari hal tersebut Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan Komsos dengan warga. Selasa (7/6/2022) pagi.

 

Bertempat di RT 02 RW 01 kelurahan Tagaraja, kecamatan Kateman kabupaten Indragiri Hilir, Sertu Jonni Pasaribu melakukan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di wilayah teritorial Koramil 06/Kateman.
 

Salah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan pertanian yang mana oleh segelintir oknum masyarakat dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam

Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para Petani, oleh sebab itu Babinsa Sertu Jonni Pasaribu melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga Binaannya.

Pada Kesempatan itu, Babinsa turut memberikan himbauan kepada masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan adanya sosialisasi ini warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait," ucap Sertu Jonni Pasaribu.

Ia juga menuturkan Pihak Koramil 06/Kateman terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dan pemilik lahan untuk mensosialisasikan karhutla, sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman.

"Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan," tutupnya.


Sumber: Batituud Koramil 06/Kateman 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar