Tim Penilai Perpustakaan Apresiasi Perpustakaan Rencah Literasi SMPN 14 Pekanbaru

Kepala SMPN 14 Pekanbaru, Elvi Devita MPd meninjau perpustakaan Sekolah (sumber foto: Istimewa)

 


SIBERONE.COM - Tim penilai administrasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru mengapresiasi Perpustakaan Rencah Literasi SMPN 14 Pekanbaru. Tim dari Dispusip Kota Pekanbaru pu. telah melakukan kunjungan ke SMPN 14 Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Kepala SMPN 14 Pekanbaru, Elvi Devita MPd menyebutkan, dalam rangka Lomba Perpustakaan Kota Pekanbaru, sekolah mulai membenahi perpustakaan, diantaranya koleksi buku, baik manual maupun digital, kompenen sarana dan prasarana, pustakawan yang dilatih hingga memperoleh sertifikat.

"Alhamdulillah, secara persyaratan Perpustakaan Rencah Literasi SMPN 14 sudah memadai. Tim Penilai Dispusip pun mengapresiasi dan menilai perpustakaan SMPN 14 sudah tertata rapi dan oke," ujar Elvi, Senin (30/5/2022) di ruang kerjanya.
 
Menurut Elvi, lomba perpustakan diadakan bertujan untuk meningkatkan kualitas penilaian perpustakaan di Indonesia. Penilaian juga bertujuan untuk bagaimana perpustakaan menjadi sarana mencerdaskan bangsa selain pendidikan formal. 

Penilaian dilaksanakan dari semua aspek, seperti kelembagaan, organisasi, adminsitrasi, sumber daya manusia, anggaran, koleksi buku, system layanan dan pengunjung. 
 
"Kemudian dinamika minat baca di lingkungan sekolahnya serta prestasi apa yang dicapai sebelumnya semua menjadi indikator yang akan dinilai, disamping presentasi dari petugas perpustakaan dengan kapasitas yang baik juga dinilai," kata Elvi. 

Dijabarkan Elvi, perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan.

"Perspustakaan memberi kontribusi yang penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Membaca adalah nafas hidup dan jembatan emas menjadi pemimpin maka teruslah berkarya berbuat yang terbaik," tukas Elvi.
 
Tak hanya itu, sebut Elvi, semangat literasi tak hanya ditularkan pada siswa, namun kepada seluruh masyarakat luas agar siapa pun dapat menambah ilmu dan pengetahuannya.

"Diharapkan perpustakaan sekolah yang menjadi jantungnya sekolah bisa berstandar nasional. Jika perpustakaan sekolah lengkap dan punya inovasi menarik bagi siswa tentunya menjadi daya tarik siswa untuk datang ke perpustakaan," tukas Elvi.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar