Hadiri Halal Bihalal IGTKI-PGRI, Bupati Pekalongan Minta Guru Jadi Sahabat Untuk Murid

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE., MM. (sumber foto: Humas Pemerintah Pekalongan)

 

 

SIBERONE.COM– Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE., MM. meminta guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Pekalongan untuk dapat berperan sebagai sahabat dan teman yang baik bagi anak-anak di Kabupaten Pekalongan.

Hal ini diungkapkan bupati sewaktu menghadiri kegiatan Halal Bihalal Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia
(PGRI) Kabupaten Pekalongan yang bertempat di Islamic Center Kecamatan Kedungwuni, Selasa (17/5) siang.

Dalam sambutan pada kegiatan tersebut, bupati menyampaikan bahwa anak-anak merupakan calon generasi penerus dan calon-calon pemimpin masa depan, oleh karenanya para guru PAUD diharapkan tidak hanya berperan sebagai seorang guru yang bertugas mengajar tetapi juga dapat menjadi sahabat dan teman yang baik bagi anak-anak.

“Anak merupakan cikal bakal orang-orang hebat di Kabupaten Pekalongan, cikal bakal para pemimpin di Kabupaten Pekalongan, dan juga cikal bakal yang berguna untuk nusa dan bangsa. Jadi kita harus dapat menjadi teman yang baik bukan hanya menjadi guru tapi menjadi teman dan sahabat yang baik untuk anak-anak,” tutur Bupati.

Bupati membagikan pendapat dan pengalamannya mendidik anak bahwa anak-anak sekarang ini lebih cenderung mendengarkan dan mematuhi ucapan gurunya dibandingkan ucapan orang tuanya terutama bagi anak-anak, bahkan sering kali anak-anak dengan kesadaran sendiri mengaplikasikan kebiasaan yang diajarkan gurunya di lingkungan rumahnya secara sukarela. Oleh karena itu, peran guru PAUD  sangat penting untuk pembentukan dan perkembangan kepribadian anak.

“Guru sangat berpengaruh terhadap anak-anak juga berpengaruh terhadap perkembangan dan juga akhlak anak-anak,” ujar Bupati.

Selain itu, bupati juga meminta agar para guru PAUD dapat menjadi teman dan rekan yang baik bagi para orang tua dalam proses pengawasan tumbuh kembang anak.

“Saya minta kepada para guru PAUD untuk menjadi sahabat yang baik dan juga bisa menjadi teman yang baik untuk orang tua sehingga apapun perkembangan anak memang harus sangat kita awasi,” ujarnya.

Menurutnya, anak-anak sekarang ini sangat dekat dengan teknologi komunikasi dan juga media sosial, oleh karena itu, pengawasan yang ketat perlu dilakukan agar anak tidak terjerumus meniru hal-hal negatif yang berasal dari media sosial dan internet. Kerja sama yang baik antara guru disekolah dengan orang tua sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak.

“Pemantauan guru-guru harus sangat jeli sekali, Mana yang boleh dicontoh mana yang tidak boleh dicontoh, itu memang harus sangat diperhatikan,” ungkap Bupati.

Pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru PAUD, menurut Fadia, memiliki peran yang penting karena akan terus membekas dalam diri anak sampai tumbuh dewasa. Peran dan jasa guru bisa menjadi tidak terlupakan bahkan sampai kelak anak tersebut dewasa, “Pahlawan yang luar biasa buat saya yang tidak bisa terbayarkan dengan apapun. Oleh sebab itu, kita harus semangat mengajar untuk anak-anak semua, semangat mendidik untuk masa depan Kabupaten Pekalongan, dan semangat untuk menjadi sahabat yang baik untuk para anak-anak Kabupaten Pekalongan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga menyampaikan pesannya kepada guru TK yang hadir, “Saya titip pesan kepada bapak/ibu guru sekalian, saya titip anak-anak Kabupaten Pekalongan generasi anak-anak kita ini, saya yakin sedikit banyaknya tergantung dari para guru-guru semuanya di Kabupaten Pekalongan ini,” tutup Bupati Pekalongan.


wartawan: Suyanto


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar