Meskipun Libur, Babinsa Koramil 02/TM Laksanakan Patroli Karhutla Bersama Warga Binaan

Serma Boy R Sitompul melaksanakan kegiatan patroli Karhutla (dok. Istimewa)

SIBERONE.COM - Meskipun di hari kalender libur namun untuk menjaga wilayah binaan tetap terhindar dari kebakaran hutan dan lahan Serma Boy R Sitompul tetap melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi di titik rawan terjadinya kebakaran.


Kegiatan patroli Karhutla terus menerus dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah untuk mencegah terjadinya kebakaran di wilayah binaan Parit Masran desa Sungai Lokan, Kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (16/5/2022) pagi.


"Hari ini meskipun libur, namun untuk menjaga daerah binaan saya agar tidak terjadi ada kebakaran lahan masyarakat untuk itu bersama-sama warga binaan turun ke lokasi rawan terjadinya kebakaran," ungkap Serma Boy R Sitompul.


Dikatakan Serma Boy R Sitompul, dalam pelaksanaan patroli di kebun-kebun masyarakat yang rawan terjadinya kebakaran, dibantukan oleh 3 masyarakat peduli api (MPA).


"Kita bersama-sama melakukan patroli di daerah yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat. Untuk itu kita mematok tanda dan memberikan zona yang harus di lalui saat melakukan patroli," katanya.


Ia juga mengungkapkan saat melakukan patroli ditemukan pemilik kebun, tidak luput diberikan sosialisasi bahaya melakukan membakar lahan.


"Itu yang kita lakukan dulu, supaya mereka paham, oh ini bahaya membakar lahan, dapat mengakibatkan bencana kabut asap, pernapasan kita nantinya akan  tergganggu, dikarenakan udara yang kita hirup sudah tidak sehat lagi. Dan yang terpenting itu dapat di penjara, nah kita kasih masukan supaya mereka paham dan tidak sesuka hati lagi membakar lahan," tandasnya. 


Terakhir dikatakan Serma Boy R Sitompul, mengungkapkan dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di Wilayah desa Sungai Lokan Kecamatan Enok, tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.


"Hari ini dan semoga kedepannya, tidak ada diwilayahnya teritorial Koramil 02/Tanah Merah ditemukan titik api, sehingga tugas dan tanggung jawab kami sebagai babinsa di desa-desa mampu mencegah dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan," tutupnya. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar