Polairud Polres Inhil Pantau Arus Balik H+3 di Pelabuhan Pelindo Tembilahan


SIBERONE.COM - Antisipasi lonjakan terhadap penumpang arus mudik lebaran idul Fitri 1443 Hijriah. Kepolisian Air dan udara (Polairud) Polres Inhil melaksanakan pengecekan terhadap penumpang speed boat di Pelabuhan Pelindo Tembilahan, kabupaten Indragiri Hilir. Rabu (4/5/2022) pagi.


Saat ditemui awak media Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, SH, S.I.K,. M.Hum melalui kasat Polairud Polres Inhil AKP Roni TM Sitinjak mengatakan, mulai H+3 sampai H+5 lebaran sudah terlihat Arus balik pasca lebaran idul Fitri masyarakat memadati pelabuhan Pelindo Tembilahan.


"Hari ini sudah terlihat banyak penumpang yang mau balik ketempat tujuan, kepulauan Riau (Kepri) ke Tanjung Balai, Tanjung Pinang, Batam. Untuk itu kita mengecek kesiapan kapal-kapal yang akan berangkat," ungkap AKP Roni TM Sitinjak.


Kasat Polairud Polres Inhil juga mengungkapkan, tujuan mengecek kesiapan sarana dan prasarana terminal penumpang, dan juga protokol kesehatan bagi penumpang yang ingin bepergian.


"Jadi kita betul-betul cek kondisi, Speed Boot agar masyarakat yang ingin berpergian melalui pelabuhan Pelindo Tembilahan merasakan kenyamanan. Dan juga memastikan bahwa masyarakat selalu menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah," jelas AKP Roni TM Sitinjak.


Menurut AKP Roni. Kapal yang beroperasi lebih mengutamakan keselamatan para penumpang, dengan itu agar selalu ada pelampung di samping mereka, sehingga apabila terjadi sesuatu ada keselamatan pertama mereka.


"Ya kita berharap tidak terjadi apa-apa,  dalam perjalanan. Dan semoga dalam keadaan selamat sampai tujuan," imbuhnya.


Terakhir dikatakan AKP Roni TM Sitinjak, dirinya mengimbau kepada pemilik moda transportasi (speed boat) agar tidak melebihi kapasitas penumpang sewajarnya. Dan juga mempertahankan protokol kesehatan.


"Jagan mentang-mentang Arus balik, dijadikan momen mencari keuntungan, perhatian betul lah kapasitas penumpang. Jangan melebihi, agar perjalanan nyaman sampai tujuan, utamakan keselamatan," tutupnya.


Untuk diketahui adapun Tim gabungan yang hadir terdiri dari, TNI-Polri Polairud Polres Inhil, TNI- AL, Basarnas, KSOP, KKP, Dishub, BPBD, Satpol PP.

Wartawan: Abdullah


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar