Babinsa Koramil 02/TM Gencarkan Patroli dan Sosialisasi, Antisipasi Karhutla


SIBERONE.COM - Komitmen untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau ini, hingga sekarang terus dilakukan oleh tim pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan. Di desa Tanjung Pasir kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir.


Pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan aktif setiap hari melakukan patroli berkeliling kawasan lahan belukar yang rawan kebakaran lahan untuk dipantau agar tidak terjadi kebakaran lahan selama kemarau ini. Senin (4/4/2022) pagi.


Upaya pencegahan tersebut juga dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Sertu Syamsir dengan menggiatkan patroli terpadu bersama dengan warga binaan.


"Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan masyarakat, di mulai sosialisasi dan patroli Rutin sehingga tidak terjadi ada kebakaran perkebunan masyarakat," ucap Sertu Syamsir.

 

Dia mengatakan dengan melakukan patroli keliling lahan rawan terbakar, petugas juga menjelajahi lahan-lahan yang terbentang untuk melakukan pemantauan titik api, serta memetakan kawasan yang rawan dan berpotensi terjadi karhutla.


Dia mengakui, kondisi kemarau seperti sekarang, memang sangat rawan terjadi kebakaran lahan sehingga perlu terus dipantau agar tidak terjadi kebakaran yang menimbulkan asap.


"Lahan kering tampak terlihat dibeberapa kawasan, dari kondisi tanah serta rawa yang mengering sangat mudah terbakar apabila tersulut api, selain itu juga dapat merambat pada lahan di sekitarnya jika terbakar, "ujar Sertu Syamsir


Sertu Syamsir berharap agar semua pihak peduli dalam pencegahan ancaman kebakaran lahan tersebut, sehingga semua aktif melakukan pencegahan, minimal memberikan laporan kepada petugas jika ada kejadian kebakaran lahan.


"Kami sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla, salah satunya dengan tidak membakar saat membersihkan lahan," imbuhnya kepada para pemilik lahan. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar