Antisipasi Karhutla Memasuki Musim kemarau, Babinsa Koramil 06/KTM Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi


SIBERONE.COM - Memasuki Musim kemarau untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Lendi Piter Sirimba bersama dengan warga binaan melaksanakan kegiatan patroli di Parit 10 Desa Air Tawar kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, pada Rabu (30/3/2022) pukul 09:00 sampai pukul 14:00 wib.


Adapun maksud dan tujuan babinsa melaksanakan kegiatan patroli sekaligus sosialisasi, untuk memberikan contoh dalam mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan yang dapat merugikan semua pihak nantinya.

"Kita lakukan patroli untuk mencegah Karhutla. Kita turun ke lapangan untuk memastikan tidak ada aktifitas pembakaran lahan. Selama patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar," kata Serda Lendi Piter Sirimba.


Sebagai Babinsa akan terus meningkatkan pencegahan katlahut dengan meningkatkan patroli pengawasan dan sosialisasi tentang larangan membakar lahan kepada masyarakat. Pencegahan lebih baik dilakukan jika terjadi karhutla akan sangat besar anggaran dan tenaga yang dikeluarkan.

 
Lebih lanjut Babinsa berharap kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan garapan. Karena tanpa dukungan dan kepedulian masyarakat akan sulit untuk mencegah karhutla.

 
Kepada masyarakat dirinya ucapkan terima kasih karena tahun ini diwilayah Desa binaan masih terbebas dari ancaman Karhutla. "Semoga ini bisa kita jaga bersama dengan terus meningkatkan antisipasi karlahut. Jadi mari tetap jaga dan lebih tingkatkan rasa kepedulian kita untuk mencegah Karlahut," tandasnya.
 

Serda Lendi Piter Sirimba, meminta kepada warga agar melaporkan kepada pihak berwenang apabila melihat adanya aktifitas pembakaran lahan.

 
"Jika melihat adanya aktifitas pembakaran lahan agar segera dilaporkan. Kita ingin mencegah kerusakan lingkungan yang lebih besar," tutup Serda Lendi Piter Sirimba.


Untuk diketahui dalam kegiatan patroli Karhutla yang digelar Babinsa Koramil 06/KTM di Parit 10 desa Air Tawar kecamatan Kateman tidak ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar